Kejadian 10:1-32: Daftar Bangsa-bangsa Keturunan Sem, Ham dan Yafet

Silsilah Sem
Silsilah Sem.

Setelah belajar perikop Nuh dan Anak-anaknya, sekarang kita belajar perikop Daftar Bangsa-bangsa Keturunan Sem, Ham dan Yafet.

Pada perikop ini kita mendapatkan informasi, bahwa yang menjadi nenek moyang orang Ibrani adalah Sem. Kita melihat pada gambar di atas, Kristus lahir dari garis keturunan Sem.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 10:1 - 32 dengan judul perikop Daftar Bangsa-bangsa Keturunan Sem, Ham dan Yafet).

Kita belajar perikop Daftar Bangsa-bangsa Keturunan Sem, Ham dan Yafet ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, gambar dari sarapanpagi.org, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Daftar Bangsa-bangsa Keturunan Sem, Ham dan Yafet (Kitab Kejadian 10:1-32)


Gen 10:1 Inilah keturunan Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh. Setelah air bah itu lahirlah anak-anak lelaki bagi mereka.

Gen 10:2 Keturunan Yafet ialah Gomer, Magog, Madai, Yawan, Tubal, Mesekh dan Tiras.

Gen 10:3 Keturunan Gomer ialah Askenas, Rifat dan Togarma.

Gen 10:4 Keturunan Yawan ialah Elisa, Tarsis, orang Kitim dan orang Dodanim.


Tarsis. Kota terkenal di Spanyol yang menjadi tujuan pedagang Fenisia.

Berabad-abad kemudian, nabi Yunus menaiki kapal yang menuju ke kota yang jauh ini. Orang Yunani menamakan kota ini Tartessus.

Gen 10:5 Dari mereka inilah berpencar bangsa-bangsa daerah pesisir. Itulah keturunan Yafet, masing-masing di tanahnya, dengan bahasanya sendiri, menurut kaum dan bangsa mereka.

Gen 10:6 Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan.


Misraim. Kata Ibrani yang betul untuk Mesir, terdiri dari wilayah bawah dan wilayah atas negeri itu. Kedua ibu kota Mesir adalah Memfis dan Tebes.

Gen 10:7 Keturunan Kush ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha; anak-anak Raema ialah Syeba dan Dedan.

Gen 10:8 Kush memperanakkan Nimrod; dialah yang mula-mula sekali orang yang berkuasa di bumi;

Gen 10:9 ia seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN, sebab itu dikatakan orang: "Seperti Nimrod, seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN."


Nimrod. Putra Kusy. Dialah yang mendirikan kerajaan Babel mula-mula dan mendirikan kota Niniwe. Dia merupakan seorang pemburu ulung dan panglima tentara yang handal. Kekuasaannya meluas hingga kota-kota di Mesopotamia.

Gen 10:10 Mula-mula kerajaannya terdiri dari Babel, Erekh, dan Akad, semuanya di tanah Sinear.

Gen 10:11 Dari negeri itu ia pergi ke Asyur, lalu mendirikan Niniwe, Rehobot-Ir, Kalah

Gen 10:12 dan Resen di antara Niniwe dan Kalah; itulah kota besar itu.


Niniwe. Dikenal sejak 2800 sM, Niniwe merupakan pusat dari kerajaan Asyur yang perkasa, yang mencapai puncak kekuasaannya di bawah Sanherib, Esarhadon dan Asurbanipal.

Kerajaan ini terletak di Sungai Tigris, sekitar 250 mil dari kota Babel. Terhadap kota inilah nabi Yunus dan Nahum mengalamatkan nubuat-nubuat mereka.

Gen 10:13 Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim,

Gen 10:14 orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin.


Orang Filistin dianggap sebagai bangsa yang memberikan nama mereka untuk tanah Palestina. Amos dan Yeremia menyebutkan, bahwa mereka datang dari Kaftor.

Lima kota utama mereka adalah Asdod, Askelon, Gaza, Gat dan Ekron. Selama berabad-abad bangsa Filistin menjadi duri dalam daging bagi bangsa Israel.

Gen 10:15 Kanaan memperanakkan Sidon, anak sulungnya, dan Het,

Het. Nenek moyang bangsa Het yang kerajaannya berkuasa dari tahun 1600-700 sM.

Kota-kota utama mereka adalah Karkemis di tepi sungai Efrat dan Kades di tepi sungai Orontes. Bangsa ini tinggal di kawasan dekat Hebron dan menyaksikan peristiwa pembelian gua Makhpela dari Efron oleh Abraham (23:8-10).

Esau menikah dengan orang suku ini. Suku Het berhasil dicatat dalam prasasti-prasasti Asyur dan Mesir. Para ahli purbakala telah menemukan sisa-sisa yang berharga dari peradaban kerajaan yang perkasa ini.

Gen 10:16 serta orang Yebusi, orang Amori dan orang Girgasi;

Gen 10:17 orang Hewi, orang Arki, orang Sini,

Gen 10:18 orang Arwadi, orang Semari dan orang Hamati; kemudian berseraklah kaum-kaum orang Kanaan itu.

Gen 10:19 Daerah orang Kanaan adalah dari Sidon ke arah Gerar sampai ke Gaza, ke arah Sodom, Gomora, Adma dan Zeboim sampai ke Lasa.

Gen 10:20 Itulah keturunan Ham menurut kaum mereka, menurut bahasa mereka, menurut tanah mereka, menurut bangsa mereka.

Gen 10:21 Lahirlah juga anak-anak bagi Sem, bapa semua anak Eber serta abang Yafet.


Semua anak Eber terdiri dari berbagai kelompok berbeda di antara putra-putra Sem.

Nama Eber telah dikaitkan dengan kata Ibrani, yaitu nama orang Israel yang dikenal oleh bangsa-bangsa lain di sekelilingnya.

Mereka adalah kelompok-kelompok yang mengenal Allah yang sejati. Istilah "Ibrani" menyangkut ras, sedangkan "Israel" menyangkut bangsa. Pada masa belakangan, kedua kata ini dipakai sebagai sinonim.

Gen 10:22 Keturunan Sem ialah Elam, Asyur, Arpakhsad, Lud dan Aram.

Aram, atau orang Aram atau Siria, adalah kelompok yang tinggal di sekitar dan di Damsyik. Mereka menonjol di dalam sejarah bangsa Israel.

Bahasa Aram menjadi bahasa untuk dagang dan untuk hubungan diplomatik. Secara bertahap bahasa Aram menggeser bahasa Ibrani, sehingga pada zaman Tuhan kita, bahasa Aram digunakan dalam percakapan dan dalam tulisan.

Gen 10:23 Keturunan Aram ialah Us, Hul, Geter dan Mas.

Gen 10:24 Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan Eber.

Gen 10:25 Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang ialah Peleg, sebab dalam zamannya bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan.

Gen 10:26 Yoktan memperanakkan Almodad, Selef, Hazar-Mawet dan Yerah,

Gen 10:27 Hadoram, Uzal dan Dikla,

Gen 10:28 Obal, Abimael dan Syeba,


Syeba di dalam Perjanjian Lama sering dipakai untuk menunjuk kepada sekelompok orang kaya yang pekerjaan utamanya adalah menyediakan emas, minyak wangi dan batu-batu berharga untuk diekspor ke Palestina dan ke Mesir.

Mereka dikaitkan dengan bangsa Sabaean yang menempati kedudukan penting dalam perdagangan dan pemerintahan.

Menurut pendapat para siswa Alkitab, ratu Syeba adalah tokoh orang Syeba yang paling terkenal.

Gen 10:29 Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya keturunan Yoktan.

Ofir terkenal karena emasnya yang bagus. Salomo mengutus orang-orangnya bersama dengan orang-orang Hiram untuk memperoleh emas tersebut dan mengangkutnya ke Palestina.

Selain emas, mereka juga menemukan berbagai logam dan permata berharga dalam jumlah yang sangat besar. Tidak lama kemudian kerajaan Salomo sanggup menandingi kekayaan kerajaan-kerajaan di sekitarnya.

Ofir mungkin merupakan sebuah kota pelabuhan di pantai Arab. Lokasinya telah ditemukan di muara sungai Indus. Sebagian besar dari emas yang dipakai dalam Bait Allah Salomo adalah emas yang berasal dari Ofir.

Gen 10:30 Daerah kediaman mereka terbentang dari Mesa ke arah Sefar, yaitu pegunungan di sebelah timur.

Gen 10:31 Itulah keturunan Sem, menurut kaum mereka, menurut bahasa mereka, menurut tanah mereka, menurut bangsa mereka.

Gen 10:32 Itulah segala kaum anak-anak Nuh menurut keturunan mereka, menurut bangsa mereka. Dan dari mereka itulah berpencar bangsa-bangsa di bumi setelah air bah itu.


Perikop selanjutnya: Menara Babel.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel