Kejadian 47:13-26: Tindakan Yusuf

Tindakan Yusuf​.

Setelah belajar perikop Yakub dan Firaun, sekarang kita belajar perikop Tindakan Yusuf.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 47:13-26 dengan judul perikop Tindakan Yusuf).

Kita belajar perikop Tindakan Yusuf ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Tindakan Yusuf (Kitab Kejadian 47:13-26)


Gen 47:13 Di seluruh negeri itu tidak ada makanan, sebab kelaparan itu sangat hebat, sehingga seisi tanah Mesir dan tanah Kanaan lemah lesu karena kelaparan itu.

Gen 47:14 Maka Yusuf mengumpulkan segala uang yang terdapat di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, yakni uang pembayar gandum yang dibeli mereka; dan Yusuf membawa uang itu ke dalam istana Firaun.

Gen 47:15 Setelah habis uang di tanah Mesir dan di tanah Kanaan, datanglah semua orang Mesir menghadap Yusuf serta berkata: "Berilah makanan kepada kami! Mengapa kami harus mati di depanmu? Sebab tidak ada lagi uang."

Gen 47:16 Jawab Yusuf: "Jika tidak ada lagi uang, berilah ternakmu, maka aku akan memberi makanan kepadamu sebagai ganti ternakmu itu."

Gen 47:17 Lalu mereka membawa ternaknya kepada Yusuf dan Yusuf memberi makanan kepada mereka ganti kuda, kumpulan kambing domba dan kumpulan lembu sapi dan keledainya, jadi disediakannyalah bagi mereka makanan ganti segala ternaknya pada tahun itu.

Gen 47:18 Setelah lewat tahun itu, datanglah mereka kepadanya, pada tahun yang kedua, serta berkata kepadanya: "Tidak usah kami sembunyikan kepada tuanku, bahwa setelah uang kami habis dan setelah kumpulan ternak kami menjadi milik tuanku, tidaklah ada lagi yang tinggal yang dapat kami serahkan kepada tuanku selain badan kami dan tanah kami.

Gen 47:19 Mengapa kami harus mati di depan matamu, baik kami maupun tanah kami? Belilah kami dan tanah kami sebagai ganti makanan, maka kami dengan tanah kami akan menjadi hamba kepada Firaun. Berikanlah benih, supaya kami hidup dan jangan mati, dan supaya tanah itu jangan menjadi tandus."

Gen 47:20 Lalu Yusuf membeli segala tanah orang Mesir untuk Firaun, sebab orang Mesir itu masing-masing menjual ladangnya, karena berat kelaparan itu menimpa mereka. Demikianlah negeri itu menjadi milik Firaun.

Gen 47:21 Dan tentang rakyat itu, diperhambakannyalah mereka di daerah Mesir dari ujung yang satu sampai ujung yang lain.

Gen 47:22 Hanya tanah para imam tidak dibelinya, sebab para imam mendapat tunjangan tetap dari Firaun, dan mereka hidup dari tunjangan itu; itulah sebabnya mereka tidak menjual tanahnya.

Gen 47:23 Berkatalah Yusuf kepada rakyat itu: "Pada hari ini aku telah membeli kamu dan tanahmu untuk Firaun; inilah benih bagimu, supaya kamu dapat menabur di tanah itu.

Gen 47:24 Mengenai hasilnya, kamu harus berikan seperlima bagian kepada Firaun, dan yang empat bagian lagi, itulah menjadi benih untuk ladangmu dan menjadi makanan kamu dan mereka yang ada di rumahmu, dan menjadi makanan anak-anakmu."

Gen 47:25 Lalu berkatalah mereka: "Engkau telah memelihara hidup kami; asal kiranya kami mendapat kasih tuanku, biarlah kami menjadi hamba kepada Firaun."

Gen 47:26 Yusuf membuat hal itu menjadi suatu ketetapan mengenai tanah di Mesir sampai sekarang, yakni bahwa seperlima dari hasilnya menjadi milik Firaun; hanya tanah para imam tidak menjadi milik Firaun.


Penyalur Bahan Pangan

Ketika bencana kelaparan menjadi makin parah, orang-orang Mesir menghadapi kekurangan makanan yang luar biasa. Alkitab mengatakan, bahwa di seluruh negeri itu tidak ada makanan.

Orang kemudian datang kepada Yusuf untuk meminta makanan darinya bagi keluarga mereka. Ketika uang mereka habis, mereka menjual ternak mereka untuk membeli gandum (ay. 17).

Akhirnya, mereka terpaksa harus menggadaikan tanah dan diri mereka sendiri kepada Firaun, agar dapat memperoleh makanan (ay. 19). Dengan demikian seluruh negeri tersebut, terkecuali wilayah para imam, beralih ke tangan Firaun.

Muncullah sebuah sistem feodal yang lengkap. Pemerintah menyediakan makanan dan rakyat membayar pajak 20% dari hasil kerja mereka (ay. 23b, 24).

Keadaan itu tidak menyenangkan, tetapi rakyat memerlukan gandum untuk makan. Mereka mengatakan kepada Yusuf, "Engkau telah memelihara hidup kami ... biarlah kami menjadi hamba kepada Firaun" (ay. 25).

Keadaan yang sangat darurat itu memerlukan tindakan yang drastis. Maka penduduk Mesir menjadi budak Firaun, dan tanah mereka menjadi milik negara.

Perikop Selanjutnya: Yakub Pada Akhir Hidupnya.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel