Keluaran 22:28-31: Berbagai-bagai Peraturan

 
Berbagai-bagai Peraturan​.

Setelah belajar perikop Peraturan Tentang Orang-orang Yang Tidak Mampu, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Berbagai-bagai Peraturan.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 22:28-31 dengan judul perikop Berbagai-bagai Peraturan).

Kita belajar perikop Berbagai-bagai Peraturan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Berbagai-bagai Peraturan (Kitab Keluaran 22:28-31)


Exo 22:28 "Janganlah engkau mengutuki Allah dan janganlah engkau menyumpahi seorang pemuka di tengah-tengah bangsamu.

28. Mencerca Allah, atau pemimpin.

Menghina Allah bukan hanya terdiri atas tindakan menghujat Yehovah secara terbuka, yang harus dihukum mati (Im. 24:11 sqq), tetapi juga tindakan mengabaikan ancaman-ancaman-Nya dalam hubungan dengan tidak memperhatikan anggota-anggota umat-Nya yang miskin (ay. 22-27), dan tindakan tidak memberikan kepada mereka apa yang seharusnya mereka terima (ay. 29-31).

Dipahami sedemikian, perintah ini terkait erat bukan hanya dengan bagian sebelumnya, tetapi juga dengan bagian sesudahnya.

Pemuka (secara harfiah: orang yang dimuliakan) disebut di samping Allah, sebab dalam kedudukannya yang tinggi, dia bertugas untuk menjalankan hukum Allah di antara umat-Nya (KD).


Exo 22:29 Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu. Yang sulung dari anak-anakmu lelaki haruslah kaupersembahkan kepada-Ku.

Exo 22:30 Demikian juga harus kauperbuat dengan lembu sapimu dan dengan kambing dombamu: tujuh hari lamanya anak-anak binatang itu harus tinggal pada induknya, tetapi pada hari yang kedelapan haruslah kaupersembahkan binatang-binatang itu kepada-Ku.

Exo 22:31 Haruslah kamu menjadi orang-orang kudus bagi-Ku: daging ternak yang diterkam di padang oleh binatang buas, janganlah kamu makan, tetapi haruslah kamu lemparkan kepada anjing."


29-31. Syarat-syarat perjanjian itu menekankan tanggung jawab Israel kepada Tuhan.

Mereka harus menunjukkan kekudusan mereka bukan hanya dengan memberikan kepada Tuhan apa yang diminta-Nya, namun juga dengan tidak melakukan yang dilarang oleh-Nya.

Perikop Selanjutnya: Peraturan Tentang Hak-hak Manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel