Bilangan 8:23-26: Awal dan Akhir Masa Kerja Orang Lewi

Awal dan Akhir Masa Kerja Orang Lewi​.

Setelah belajar perikop Pentahbisan Orang Lewi dari Kitab Bilangan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Awal dan Akhir Masa Kerja Orang Lewi.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Bilangan (Numbers 8:23-26 dengan judul perikop Awal dan Akhir Masa Kerja Orang Lewi).

Kita belajar perikop Awal dan Akhir Masa Kerja Orang Lewi ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Awal dan Akhir Masa Kerja Orang Lewi (Kitab Bilangan 8:23-26)


Num 8:23 TUHAN berfirman kepada Musa:

Num 8:24 "Inilah yang berlaku bagi orang Lewi: setiap orang yang berumur dua puluh lima tahun ke atas wajib bertugas, supaya ia bekerja pada Kemah Pertemuan,

Num 8:25 tetapi jika ia berumur lima puluh tahun haruslah ia dibebaskan dari pekerjaan itu, sehingga tak usah ia bekerja lebih lama lagi.

Num 8:26 Ia boleh membantu saudara-saudaranya di Kemah Pertemuan dalam menjalankan tugas mereka, tetapi tidak usah lagi ia menjabat pekerjaan itu. Demikianlah harus kaulakukan kepada orang Lewi mengenai tugas mereka."


Gulungan Imamat Pertama (5:1-10:10).

Hukum-hukum yang berkenaan dengan penyelenggaraan perayaan Paskah bertanggal satu bulan sebelum Bilangan 1:1 (lih. 9:1).

Hal ini dapat dipahami jika kita menyadari, bahwa sekalipun urutan kronologis yang menyeluruh diperhatikan, bahan-bahannya disusun dan dikumpulkan menurut topik.

Masuk akal untuk beranggapan, bahwa tulisan aslinya adalah pada gulungan kitab.

Kita sudah memiliki gulungan sensus, dan kini kita beralih pada sebuah gulungan yang berisi rincian-rincian seremonial tambahan, serta masalah-masalah terkait lainnya.


Pentahbisan Orang Lewi dan Akhir Masa Kerja Mereka (8:5-26).

Orang Lewi diperintahkan untuk membasuh pakaian mereka, serta mencukur rambut di seluruh tubuh mereka, diperciki dengan air penghapus dosa, lalu mempersembahkan kurban-kurban yang diperlukan dan berkumpul di depan Kemah Suci, bersama dengan seluruh jemaat.

Ketika itu Harun mempersembahkan orang-orang Lewi selaku persembahan yang hidup (persembahan unjukan) sebagai ganti dari putra-putra sulung yang telah dibeli oleh Tuhan untuk melayani diri-Nya ketika Paskah di Mesir.

Oleh karena itu, orang-orang Lewi akan merupakan orang-orang pemberian, yaitu mereka sepenuhnya membaktikan diri untuk pelayanan rumah ibadat.

Tugas yang dibebankan kepada mereka, di dekat dan di sekeliling Kemah Suci, ialah untuk menjaga agar wilayah yang kudus itu tidak dilanggar oleh orang-orang Israel yang sekular (ay. 19).

Ketika berusia lima puluh tahun, orang-orang Lewi itu memasuki masa purna bakti dari tugas utama mereka.

Namun mereka terus melayani dalam kapasitas tertentu, mungkin sebagai pengajar angkatan muda atau dalam tugas-tugas yang tidak terlalu berat.


24. Yang berumur dua puluh lima tahun ke atas. Pernyataan ini tidak sesuai dengan 4:35 (dan ayat-ayat lainnya), di mana disebutkan dari tiga puluh tahun.

Perbedaan yang sangat jelas semacam itu tampaknya bukan kesalahan dalam menulis naskah.

Tugas "memperjuangkan perjuangan" yang banyak memakan tenaga itu di mana kesalahan karena tangan yang kurang terlatih bisa mengakibatkan kematian (II Sam. 6:6-7 Tabut Dipindahkan Ke Yerusalem), sangat mungkin menyebabkan diperlukan suatu masa magang lima tahun.

Perikop Selanjutnya: Ketetapan-ketetapan Mengenai Perayaan Paskah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel