Bilangan 28:16-29:40: Korban Pada Hari-hari Raya

Korban Pada Hari-hari Raya​.

Setelah belajar perikop Korban Sabat dan Korban Bulan Baru dari Kitab Bilangan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Korban Pada Hari-hari Raya.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Bilangan (Numbers 28:16-29:40 dengan judul perikop Korban Pada Hari-hari Raya).

Kita belajar perikop Korban Pada Hari-hari Raya ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Korban Pada Hari-hari Raya (Kitab Bilangan 28:16-29:40)


Num 28:16 "Dalam bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada Paskah bagi TUHAN.

Num 28:17 Pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya; tujuh hari lamanya harus dimakan roti yang tidak beragi.

Num 28:18 Pada hari yang pertama ada pertemuan kudus, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat,

Num 28:19 dan haruslah kamu mempersembahkan kepada TUHAN sebagai korban api-apian, sebagai korban bakaran: dua ekor lembu jantan muda, seekor domba jantan dan tujuh ekor domba berumur setahun; haruslah kamu ambil yang tidak bercela.

Num 28:20 Sebagai korban sajiannya haruslah kamu olah tepung yang terbaik diolah dengan minyak, yakni tiga persepuluh efa untuk seekor lembu jantan dan dua persepuluh efa untuk seekor domba jantan;

Num 28:21 sepersepuluh efa harus kauolah untuk setiap domba dari ketujuh ekor domba itu.

Num 28:22 Selanjutnya seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian bagimu;

Num 28:23 selain dari korban bakaran pagi yang termasuk korban bakaran yang tetap haruslah kamu mengolah semuanya itu.

Num 28:24 Secara demikian haruslah setiap hari selama tujuh hari kamu olah santapan berupa korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN; di samping korban bakaran yang tetap haruslah itu diolah, serta dengan korban curahannya.

Num 28:25 Dan pada hari yang ketujuh haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

Num 28:26 Pada hari hulu hasil, pada waktu kamu mempersembahkan korban sajian baru kepada TUHAN, pada hari raya lepas tujuh minggu, haruslah kamu mengadakan pertemuan kudus, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

Num 28:27 Pada waktu itu haruslah kamu mempersembahkan sebagai korban bakaran menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN: dua ekor lembu jantan muda, seekor domba jantan, tujuh ekor domba berumur setahun;

Num 28:28 juga sebagai korban sajiannya: tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, yakni tiga persepuluh efa untuk setiap ekor lembu jantan, dua persepuluh efa untuk domba jantan yang seekor itu,

Num 28:29 sepersepuluh efa untuk setiap domba dari ketujuh ekor domba itu;

Num 28:30 seekor kambing jantan untuk mengadakan pendamaian bagimu.

Num 28:31 Selain dari korban bakaran yang tetap dan korban sajiannya, haruslah kamu mengolah semuanya itu, serta dengan korban-korban curahannya. Haruslah kamu ambil yang tidak bercela.

Persiapan Untuk Memasuki Negeri yang Dijanjikan (26:1-36:13).

Sejak bagian ini hingga akhir Kitab Bilangan, semua pokok bahasannya terkait langsung dengan masuknya Israel ke negeri yang dijanjikan, pengumpulan kembali laskar Israel (ps. 26), masalah warisan bagi anak perempuan dan pentahbisan pengganti Musa (ps. 27), pembagian tanah dan berbagai petunjuk untuk menetap di negeri itu (ps. 32, 34), serta pendirian kota-kota orang Lewi (ps. 35).

Gulungan Imamat Ketiga (28:1-29:40).

Pasal 28 dan 29, seperti halnya Imamat 23, mengemukakan seluruh upacara tahunan dalam bentuk garis besar.

Tetapi, yang diperhatikan di sini adalah jumlah hewan yang dipersembahkan, dengan mengingat akan menetapnya Israel di negeri yang dijanjikan.

Jumlah bulan ditentukan, dan setiap tahun dibedakan oleh pelaksanaan perayaan pada awal bulan ketujuh (29:1).

Tarikh religius Ibrani zaman dulu diatur sesuai dengan musim-musim pertanian, sebagaimana tampak dari nama bulan Abib, "panen bulir gandum yang pertama", (Kel. 13:4), dan dari batu tulis orang Israel dari abad ke-10 sM, yaitu Tarikh Gezer (G. E. Wright, Biblical Archeology, hlm. 180, 181).

Ketergantungan pada peredaran matahari semacam itu (Ul. 16:9), memelihara tarikh Israel tidak terus berputar seperti halnya tarikh religius Arab saat ini, sebab orang Ibrani menyisipkan satu bulan dalam tarikh mereka, jika diperlukan.

Di dalam pasal-pasal ini setiap bulan baru ditandai dengan peniupan nafiri perak, yang merupakan sarana yang praktis untuk melaksanakan upacara tahunan yang telah ditentukan.

Di dalam kesederhanaan mereka itu, orang Ibrani menghindari segala masalah rumit dari penanggalan Mesir yang 365 hari yang didasarkan pada observasi terhadap bintang, yang sekalipun cukup canggih, juga selalu berkurang seperempat hari dan dalam jangka waktu yang normal memutar penanggalan itu sesuai musim.

Di sisi yang lain, orang Ibrani tampaknya telah mengambil alih sistem memberikan angka kepada bulan dari orang Mesir padahal sebagian besar bangsa Semit lainnya memberikan nama.

Sekalipun demikian, hal ini baru dilakukan secara resmi sesudah Pembuangan, ketika mereka memakai penandaan Babel.

28:16. Dalam bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada Paskah bagi Tuhan. Tidak ditentukan kurban yang harus dipersembahkan pada saat Paskah, sebab perintah-perintah ini adalah bagi kurban-kurban yang harus dipersembahkan oleh para imam.

Upacara anak domba Paskah harus dilaksanakan oleh setiap keluarga (Kel. 12:3-14, 21, 22).

17. Pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya. Perayaan Roti Tidak Beragi (massôt) harus - dirayakan dari tanggal 15 hingga tanggal 21 bulan pertama (Kel. 12:15-17).

Hari pertama dan hari ketujuh harus merupakan hari Sabat ketika mana tidak boleh ada orang yang bekerja (28:18, 25).

24. Korban api-apian ... di samping korban bakaran yang tetap haruslah itu diolah. Di samping kurban yang harus dipersembahkan setiap hari, kurban-kurban khusus ini harus dipersembahkan setiap hari sepanjang masa perayaan ini.

26. Pada waktu kamu mempersembahkan korban sajian baru kepada Tuhan, pada hari raya lepas tujuh minggu. Imamat 23:16 memberikan kunci untuk memahami kata-kata ini (Baca: Perikop Hari-hari Raya).

Pada hari sesudah ketujuh hari Sabat setelah Perayaan Roti Tidak Beragi (Pentakosta, bahasa Yunani: "hari kelima puluh"), bangsa itu harus mempersembahkan padi-padian dari hasil pertama.

Berbagai kurban yang dipersembahkan sepanjang perayaan merupakan persembahan yang sama dengan yang dipersembahkan pada saat Perayaan Roti Tidak Beragi.

29. Sepersepuluh efa untuk setiap domba. Bersama dengan setiap domba, seseorang juga harus mempersembahkan sepersepuluh efa (lih. ungkapan yang sama pada ay. 13, 21).

Num 29:1 Pada bulan yang ketujuh, pada tanggal satu bulan itu, haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat; itulah hari peniupan serunai bagimu.

Num 29:2 Pada waktu itu haruslah kamu mengolah sebagai korban bakaran menjadi bau yang menyenangkan bagi TUHAN: seekor lembu jantan muda, seekor domba jantan, tujuh ekor domba berumur setahun yang tidak bercela;

Num 29:3 juga sebagai korban sajiannya: tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, yakni tiga persepuluh efa untuk lembu jantan itu, dua persepuluh efa untuk domba jantan itu

Num 29:4 dan sepersepuluh efa untuk setiap domba dari ketujuh ekor domba itu;

Num 29:5 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian bagimu,

Num 29:6 selain dari korban bakaran bulan baru serta dengan korban sajiannya, dan korban bakaran yang tetap serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, sesuai dengan peraturannya, menjadi bau yang menyenangkan, suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Num 29:7 Pada hari yang kesepuluh bulan yang ketujuh itu haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus dan merendahkan dirimu dengan berpuasa, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan.

Num 29:8 Pada waktu itu haruslah kamu mempersembahkan sebagai korban bakaran kepada TUHAN, sebagai bau yang menyenangkan: seekor lembu jantan muda, seekor domba jantan, tujuh ekor domba berumur setahun; haruslah tidak bercela semuanya itu;

Num 29:9 juga sebagai korban sajiannya: tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, yakni tiga persepuluh efa untuk lembu jantan itu, dua persepuluh efa untuk domba jantan yang seekor itu,

Num 29:10 sepersepuluh efa untuk setiap domba dari ketujuh ekor domba itu;

Num 29:11 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari pada korban penghapus dosa pembawa pendamaian dan korban bakaran yang tetap serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya.

Num 29:12 Pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh itu haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat; haruslah kamu mengadakan perayaan bagi TUHAN, tujuh hari lamanya.

Num 29:13 Pada waktu itu haruslah kamu mempersembahkan sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN: tiga belas ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun; haruslah tidak bercela semuanya itu;

Num 29:14 juga sebagai korban sajiannya: tepung yang terbaik, diolah dengan minyak, yakni tiga persepuluh efa untuk setiap lembu dari ketiga belas ekor lembu jantan itu, dua persepuluh efa untuk setiap domba dari kedua ekor domba jantan itu,

Num 29:15 dan sepersepuluh efa untuk setiap domba dari keempat belas ekor domba itu;

Num 29:16 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap dengan korban sajiannya dan korban curahannya.

Num 29:17 Pada hari yang kedua: dua belas ekor lembu jantan muda, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:18 serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan;

Num 29:19 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya.

Num 29:20 Pada hari yang ketiga: sebelas ekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:21 serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan;

Num 29:22 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap serta dengan korban sajiannya dan korban curahannya.

Num 29:23 Pada hari yang keempat: sepuluh ekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:24 serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan;

Num 29:25 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap dengan korban sajiannya dan korban curahannya.

Num 29:26 Pada hari yang kelima: sembilan ekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:27 serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan;

Num 29:28 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap serta dengan korban sajiannya dan korban curahannya.

Num 29:29 Pada hari yang keenam: delapan ekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:30 serta dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan;

Num 29:31 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya.

Num 29:32 Pada hari yang ketujuh: tujuh ekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, empat belas ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:33 serta dengan korban sajiannya, dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturannya;

Num 29:34 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap dengan korban sajiannya dan korban curahannya.

Num 29:35 Pada hari yang kedelapan haruslah kamu mengadakan perkumpulan raya, maka tidak boleh kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

Num 29:36 Pada waktu itu haruslah kamu mempersembahkan sebagai korban bakaran, sebagai korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN: seekor lembu jantan, seekor domba jantan, tujuh ekor domba berumur setahun yang tidak bercela,

Num 29:37 dengan korban sajiannya dan korban-korban curahannya, yakni untuk lembu-lembu jantan, untuk domba-domba jantan dan untuk domba-domba muda itu, menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan;

Num 29:38 dan seekor kambing jantan sebagai korban penghapus dosa, selain dari korban bakaran yang tetap serta dengan korban sajiannya dan korban curahannya.

Num 29:39 Itulah semuanya yang harus kamu olah bagi TUHAN pada hari-hari rayamu sebagai korban-korban bakaranmu, korban-korban sajianmu, korban-korban curahanmu dan korban-korban keselamatanmu, selain dari korban-korban nazarmu dan korban-korban sukarelamu."

Num 29:40 Lalu berbicaralah Musa kepada orang Israel sesuai dengan segala yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.


29:1. Pada bulan yang ketujuh, pada tanggal satu bulan itu, haruslah kamu mengadakan pertemuan yang kudus. Bulan baru pada bulan ketujuh merupakan hari diadakannya berbagai persembahan, termasuk semua persembahan harian, persembahan bulan baru, ditambah semua upacara yang menandai awal paruhan kedua dari satu tahun (bdg. Im. 23:24).

7. Pada hari yang kesepuluh bulan yang ketujuh ... haruslah kamu ... merendahkan dirimu. Pertobatan dan mawas diri disebut secara khusus pada hari yang sangat agung ini ketika sang imam memasuki ruangan di belakang tirai untuk mengadakan pendamaian bagi dirinya sendiri dan bagi seluruh bangsa itu (Im. 16:29-34; 23:26-32).

12. Pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh ... haruslah kamu mengadakan perayaan. Perayaan ini merupakan puncak dari tahun agama.

Perhatian yang diberikan pada persembahan lembu setiap hari menunjukkan pentingnya perayaan ini.

Seluruhnya ada tujuh puluh lembu yang dipersembahkan, diawali dengan tiga belas yang dipersembahkan pada hari pertama, dua belas pada hari kedua, dan seterusnya hingga tujuh pada hari ketujuh.

Kemudian tibalah persembahan pada hari Sabat kedelapan.

Semua ini dilaksanakan di samping persembahan harian.

Sebagaimana halnya dengan peniupan nafiri pada awal setiap bulan (10:10), ada anggapan bahwa rincian-rincian seperti tinggal di dalam pondok daun sudah diketahui (Im. 23:40-44).

Berbagai persembahan hewan diperbanyak jumlahnya pada masa ini, sebab ini merupakan "perayaan" (hag) dan bukan masa "puasa".

Terkecuali Paskah dan Hari Pendamaian ketika mana orang harus merendahkan diri, seluruh umat itu berada dalam suasana pesta sepanjang hari-hari khusus ini.

Sekalipun beberapa kurban penghapus dosa harus tetap dipersembahkan, sebagian besar persembahan lainnya merupakan persembahan Pentahbisan dan persembahan syukur.

39. Selain dari korban-korban nazarmu dan korban-korban sukarelamu. Di samping menyajikan persembahan-persembahan yang ditetapkan, bangsa itu senantiasa dianjurkan untuk bernazar mengkhususkan diri bagi Tuhan (Bil. 6) dan mempersembahkan kurban-kurban sukarela selaku ucapan syukur kepada Allah atas kelimpahan berkat yang disediakan oleh-Nya.

Perikop Selanjutnya: Nazar Kaum Perempuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel