Bilangan 26: Laskar Israel Dihitung Untuk Kedua Kalinya

Laskar Israel Dihitung Untuk Kedua Kalinya​.

Setelah belajar perikop Israel Menyembah Baal-Peor dari Kitab Bilangan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Laskar Israel Dihitung Untuk Kedua Kalinya.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Bilangan (Numbers 26 dengan judul perikop Laskar Israel Dihitung Untuk Kedua Kalinya).

Kita belajar perikop Laskar Israel Dihitung Untuk Kedua Kalinya ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Laskar Israel Dihitung Untuk Kedua Kalinya (Kitab Bilangan 26)


Num 26:1 Sesudah tulah itu berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan kepada Eleazar, anak imam Harun:

Num 26:2 "Hitunglah jumlah segenap umat Israel, yang berumur dua puluh tahun ke atas menurut suku mereka, semua orang yang sanggup berperang di antara orang Israel."

Num 26:3 Lalu berkatalah Musa dan imam Eleazar kepada mereka di dataran Moab, di tepi sungai Yordan dekat Yerikho:

Num 26:4 "Hitunglah jumlah semua orang yang berumur dua puluh tahun ke atas!" --seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa. Inilah orang Israel yang telah keluar dari tanah Mesir:

Num 26:5 Ruben ialah anak sulung Israel; bani Ruben ialah dari Henokh kaum orang Henokh; dari Palu kaum orang Palu;

Num 26:6 dari Hezron kaum orang Hezron dan dari Karmi kaum orang Karmi.

Num 26:7 Itulah kaum-kaum orang Ruben, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah empat puluh tiga ribu tujuh ratus tiga puluh orang.

Num 26:8 Adapun anak Palu ialah Eliab,

Num 26:9 dan anak-anak Eliab ialah Nemuel, Datan dan Abiram. Datan dan Abiram, orang-orang yang dipilih oleh umat itu, ialah orang-orang yang telah membantah Musa dan Harun dalam kumpulan Korah, ketika mereka membantah TUHAN,

Num 26:10 tetapi bumi membuka mulutnya dan menelan mereka bersama-sama dengan Korah, ketika kumpulan itu mati, ketika kedua ratus lima puluh orang itu dimakan api, sehingga mereka menjadi peringatan.

Num 26:11 Tetapi anak-anak Korah tidaklah mati.

Num 26:12 Bani Simeon, menurut kaum mereka, ialah: dari Nemuel kaum orang Nemuel; dari Yamin kaum orang Yamin; dari Yakhin kaum orang Yakhin;

Num 26:13 dari Zerah kaum orang Zerah dan dari Saul kaum orang Saul.

Num 26:14 Itulah kaum-kaum orang Simeon, dua puluh dua ribu dua ratus orang banyaknya.

Num 26:15 Bani Gad, menurut kaum mereka, ialah: dari Zefon kaum orang Zefon; dari Hagi kaum orang Hagi; dari Syuni kaum orang Syuni;

Num 26:16 dari Ozni kaum orang Ozni, dari Eri kaum orang Eri;

Num 26:17 dari Arod kaum orang Arod dan dari Areli kaum orang Areli.

Num 26:18 Itulah kaum-kaum bani Gad, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah empat puluh ribu lima ratus orang.

Num 26:19 Anak-anak Yehuda ialah: Er dan Onan; tetapi Er dan Onan itu mati di tanah Kanaan.

Num 26:20 Bani Yehuda, menurut kaum mereka, ialah: dari Syela kaum orang Syela; dari Peres kaum orang Peres dan dari Zerah kaum orang Zerah.

Num 26:21 Bani Peres ialah: dari Hezron kaum orang Hezron dan dari Hamul kaum orang Hamul.

Num 26:22 Itulah kaum-kaum Yehuda, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah tujuh puluh enam ribu lima ratus orang.

Num 26:23 Bani Isakhar, menurut kaum mereka, ialah: dari Tola kaum orang Tola; dari Pua kaum orang Pua;

Num 26:24 dari Yasub kaum orang Yasub dan dari Simron kaum orang Simron.

Num 26:25 Itulah kaum-kaum Isakhar, dan orang-orang yang dicatat dari mereka, berjumlah enam puluh empat ribu tiga ratus orang.

Num 26:26 Bani Zebulon, menurut kaum mereka, ialah: dari Sered kaum orang Sered; dari Elon kaum orang Elon dan dari Yahleel kaum orang Yahleel.

Num 26:27 Itulah kaum-kaum orang Zebulon, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah enam puluh ribu lima ratus orang.

Num 26:28 Keturunan Yusuf, menurut kaum mereka, ialah orang Manasye dan orang Efraim.

Num 26:29 Bani Manasye ialah: dari Makhir kaum orang Makhir; dan Makhir beranakkan Gilead; dari Gilead kaum orang Gilead.

Num 26:30 Inilah bani Gilead: dari Iezer kaum orang Iezer; dari Helek kaum orang Helek;

Num 26:31 dari Asriel kaum orang Asriel; dari Sekhem kaum orang Sekhem;

Num 26:32 dari Semida kaum orang Semida dan dari Hefer kaum orang Hefer.

Num 26:33 Adapun Zelafehad bin Hefer tidak mempunyai anak laki-laki, tetapi anak perempuan saja, dan nama anak-anak perempuan Zelafehad ialah Mahla, Noa, Hogla, Milka dan Tirza.

Num 26:34 Itulah kaum-kaum Manasye, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah lima puluh dua ribu tujuh ratus orang.

Num 26:35 Inilah bani Efraim, menurut kaum mereka: dari Sutelah kaum orang Sutelah; dari Bekher kaum orang Bekher dan dari Tahan kaum orang Tahan.

Num 26:36 Dan inilah bani Sutelah: dari Eran kaum orang Eran.

Num 26:37 Itulah kaum-kaum bani Efraim, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah tiga puluh dua ribu lima ratus orang banyaknya. Itulah bani Yusuf menurut kaum mereka.

Num 26:38 Bani Benyamin, menurut kaum mereka, ialah: dari Bela kaum orang Bela; dari Asybel kaum orang Asybel; dari Ahiram kaum orang Ahiram;

Num 26:39 dari Sefufam kaum orang Sefufam dan dari Hufam kaum orang Hufam.

Num 26:40 Dan anak-anak Bela ialah Ared dan Naaman; dari Ared kaum orang Ared dan dari Naaman kaum orang Naaman.

Num 26:41 Itulah bani Benyamin menurut kaum mereka, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah empat puluh lima ribu enam ratus orang.

Num 26:42 Inilah bani Dan, menurut kaum mereka: dari Suham kaum orang Suham. Itulah kaum-kaum Dan menurut kaum mereka.

Num 26:43 Segala kaum orang Suham, orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah enam puluh empat ribu empat ratus orang.

Num 26:44 Bani Asyer, menurut kaum mereka, ialah: dari Yimna kaum orang Yimna; dari Yiswi kaum orang Yiswi dan dari Beria kaum orang Beria.

Num 26:45 Mengenai bani Beria: dari Heber kaum orang Heber dan dari Malkiel kaum orang Malkiel.

Num 26:46 Dan nama anak perempuan Asyer ialah Serah.

Num 26:47 Itulah kaum-kaum bani Asyer, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah lima puluh tiga ribu empat ratus orang.

Num 26:48 Bani Naftali, menurut kaum mereka, ialah: dari Yahzeel kaum orang Yahzeel; dari Guni kaum orang Guni;

Num 26:49 dari Yezer kaum orang Yezer dan dari Syilem kaum orang Syilem.

Num 26:50 Itulah kaum-kaum Naftali menurut kaum mereka, dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah empat puluh lima ribu empat ratus orang.

Num 26:51 Itulah orang-orang yang dicatat dari orang Israel, enam ratus satu ribu tujuh ratus tiga puluh orang banyaknya.

Num 26:52 TUHAN berfirman kepada Musa:

Num 26:53 "Kepada suku-suku itulah harus dibagikan tanah itu menjadi milik pusaka menurut nama-nama yang dicatat;

Num 26:54 kepada yang besar jumlahnya haruslah engkau memberikan milik pusaka yang besar dan kepada yang kecil jumlahnya haruslah engkau memberikan milik pusaka yang kecil; kepada setiap suku sesuai dengan jumlah orang-orangnya yang dicatat haruslah diberikan milik pusaka.

Num 26:55 Tetapi tanah itu harus dibagikan dengan membuang undi; menurut nama suku-suku nenek moyang mereka haruslah mereka mendapat milik pusaka;

Num 26:56 seperti yang ditunjukkan undian haruslah dibagikan milik pusaka setiap suku, di antara yang besar dan yang kecil jumlahnya."

Num 26:57 Inilah orang-orang yang dicatat dari orang Lewi, menurut kaum mereka: dari Gerson kaum orang Gerson; dari Kehat kaum orang Kehat dan dari Merari kaum orang Merari.

Num 26:58 Inilah kaum-kaum Lewi: kaum orang Libni, kaum orang Hebron, kaum orang Mahli, kaum orang Musi dan kaum orang Korah. Adapun Kehat beranakkan Amram.

Num 26:59 Dan nama isteri Amram ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan Harun dan Musa dan Miryam, saudara mereka yang perempuan.

Num 26:60 Pada Harun lahir Nadab dan Abihu, Eleazar dan Itamar.

Num 26:61 Tetapi Nadab dan Abihu mati, ketika mereka mempersembahkan persembahan api yang asing ke hadapan TUHAN.

Num 26:62 Dan orang-orang yang dicatat dari mereka berjumlah dua puluh tiga ribu orang, semuanya laki-laki, yang berumur satu bulan ke atas, sebab mereka tidak dicatat bersama-sama dengan orang Israel, karena mereka tidak diberikan milik pusaka di tengah-tengah orang Israel.

Num 26:63 Itulah orang-orang yang dicatat oleh Musa dan imam Eleazar, ketika keduanya mencatat orang-orang Israel di dataran Moab di tepi sungai Yordan dekat Yerikho.

Num 26:64 Di antara mereka tidak ada terdapat seorangpun yang dicatat Musa dan imam Harun, ketika keduanya mencatat orang Israel di padang gurun Sinai

Num 26:65 sebab TUHAN telah berfirman tentang mereka: "Pastilah mereka mati di padang gurun." Dari mereka itu tidak ada seorangpun yang masih tinggal hidup selain dari Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun.


5. Ruben ialah anak sulung Israel. Sensus ini berbeda dengan yang dilaksanakan di Sinai, mendaftarkan kelompok keluarga dari berbagai suku dengan tujuan menentukan warisan yang akan mereka peroleh (bdg. Kej. 46).

11. Anak-anak Korah tidaklah mati. Tidak seluruh keluarga Korah dimusnahkan.

Mungkin Korah memiliki beberapa orang putra yang sudah dewasa dengan rumah tangganya masing-masing dan yang tidak tertimpa hukuman yang dialami ayah mereka (bdg. tafsiran ps. 16).

Beberapa putra Korah menjadi tokoh terkenal di Israel. Nabi Samuel dan penyanyi Heman termasuk yang dimaksudkan (I Taw. 6:33-37; bdg. judul Mzm. 88).

51. Enam ratus satu ribu tujuh ratus tiga puluh. Ketika berada di Mesir bangsa Israel mengalami pertambahan jumlah yang luar biasa (Kel. 1:20).

Karena itu, sesudah pengembaraan sepanjang tiga puluh delapan tahun di padang gurun, mengapa pula jumlah mereka masih sama dengan ketika berangkat dari Sinai?

Jawabannya terdapat di ayat 64-65, yang menunjukkan bahwa hanya tiga orang di antara 603.550 orang (2:32) saja yang masih hidup.

Kemudian, Israel juga tertimpa berbagai tulah selama mengembara di padang gurun, dengan tulah terakhir yang menewaskan 29.000 orang.

53. Kepada suku-suku itulah harus dibagikan tanah itu. Di samping untuk menyediakan informasi bagi maksud-maksud militer, sensus ini juga dimaksudkan untuk memberikan landasan bagi pembagian tanah.

Suku yang lebih banyak anggotanya akan memperoleh tanah yang lebih luas dan seterusnya, sedangkan penentuan tempat setiap suku ditentukan melalui undian (26:54-56; 33:54).

59. Nama isteri Amram ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, ... dan bagi Amram perempuan itu melahirkan Harun dan Musa dan Miryam. Ada yang berpendapat bahwa Amram dan Yokhebed adalah leluhur dan bukan orang tua Musa.

Mereka mengatakan bahwa silsilah Kohat, Amram dan Musa terlalu pendek untuk bisa mencapai 8.600 orang Kohat yang berusia satu bulan ke atas (3:27-28) pada zaman Musa.

Namun, jika ayah Musa memiliki anak dari istri-istri yang lain dan semua pamannya memiliki anak-anak dari beberapa istri, yang semuanya sudah melahirkan suatu generasi baru (Musa sudah berusia delapan puluh tahun ketika ia meninggalkan Mesir), maka 8.600 orang misanan yang seusia Musa bersama dengan para keponakan tingkat pertama dan tingkat kedua yang berusia satu tahun ke atas, bukan merupakan angka yang tidak masuk akal.

Perikop Selanjutnya: Hak Waris Bagi Anak-anak Perempuan.

Persiapan Untuk Memasuki Negeri yang Dijanjikan (26:1-36:13).

Sejak bagian ini hingga akhir Kitab Bilangan, semua pokok bahasannya terkait langsung dengan masuknya Israel ke negeri yang dijanjikan, pengumpulan kembali laskar Israel (ps. 26), masalah warisan bagi anak perempuan dan pentahbisan pengganti Musa (ps. 27), pembagian tanah dan berbagai petunjuk untuk menetap di negeri itu (ps. 32, 34), serta pendirian kota-kota orang Lewi (ps. 35).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel