Bilangan 6:22-27: Ucapan Berkat Imam

Ucapan Berkat Imam​.

Setelah belajar perikop Hukum Mengenai Kenaziran dari Kitab Bilangan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Ucapan Berkat Imam.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Bilangan (Numbers 6:22-27 dengan judul perikop Ucapan Berkat Imam).

Kita belajar perikop Ucapan Berkat Imam ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Ucapan Berkat Imam (Kitab Bilangan 6:22-27)


Num 6:22 TUHAN berfirman kepada Musa:

Num 6:23 "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:

Num 6:24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;

Num 6:25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;

Num 6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Num 6:27 Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka."


Gulungan Imamat Pertama (5:1-10:10).

Hukum-hukum yang berkenaan dengan penyelenggaraan perayaan Paskah bertanggal satu bulan sebelum Bilangan 1:1 (lih. 9:1).

Hal ini dapat dipahami jika kita menyadari, bahwa sekalipun urutan kronologis yang menyeluruh diperhatikan, bahan-bahannya disusun dan dikumpulkan menurut topik.

Masuk akal untuk beranggapan, bahwa tulisan aslinya adalah pada gulungan kitab.

Kita sudah memiliki gulungan sensus, dan kini kita beralih pada sebuah gulungan yang berisi rincian-rincian seremonial tambahan, serta masalah-masalah terkait lainnya.


23. Memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka. Tata bahasa kalimat ini masih dipertanyakan.

Sekalipun demikian, pakar tata bahasa Ibrani, Gesenius, mengatakan bahwa bentuk yang dipersoalkan itu terdapat juga "terutama dalam kitab-kitab Perjanjian Lama yang kemudian" (Lexicon, par. 113).

Sekarang kita mengetahui, bahwa naskah Ugarit (k.l. 1400 sM) membenarkan susunan ini sebagai sebuah ungkapan yang sudah tua dan sangat gemar dipergunakan.

24. Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau. Di satu sisi, Allah menyediakan segala sesuatu yang baik bagi orang-orang pilihan-Nya.

Di sisi yang lain, Dia memelihara, menjaga dan melindungi mereka dari musuh yang akan merampas semua yang baik itu dari mereka.

25. Tuhan menyinari engkau. Sebuah ungkapan Ibrani yang khas.

Bila wajah seseorang bersinar (Ams. 16:15), orang itu penuh kebahagiaan.

Namun, bila wajahnya bertambah mendung, jelas bahwa kejahatan dan keputusasaan telah mencengkeram jiwanya (Yl. 2:6).

26. Memberi engkau damai sejahtera. Shalom adalah istilah yang padat arti, termasuk di dalamnya pengertian tentang kelengkapan, keamanan, kesehatan, ketenangan, kepuasan, persahabatan dan keadaan damai dengan Allah dan sesama.

Berkat Imam (6:22-27).

Ini adalah ucapan berkat yang indah, dalam gaya puisi Semit yang sempurna dan sarat dengan pesan yang sangat diperlukan oleh orang-orang yang menghadapi berbagai ketidakpastian, serta aneka kekuatan yang bermusuhan dari kehidupan di padang gurun.

Ucapan berkat tersebut berbicara tentang kebaikan Allah di dalam memelihara dan melindungi umat-Nya.

Pada saat seorang atau suatu bangsa menjadi obyek kemurahan hati Allah, maka kesesakan, kelaparan, bahaya atau pedang hanya berperan untuk menunjukkan betapa Tuhan mengasihi anak-anak-Nya sendiri dan betapa mampunya Dia melepaskan mereka dari segala bahaya.

Perikop Selanjutnya: Persembahan Pada Waktu Pentahbisan Kemah Suci.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel