Yosua 11:1-15: Bagian Utara Kanaan Direbut

Bagian Utara Kanaan Direbut.

Setelah belajar perikop Pertempuran Dekat Gibeon -- Yosua Merebut Bagian Selatan Kanaan dari kitab Yosua, maka sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Bagian Utara Kanaan Direbut.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Yosua (Joshua 11:1-15 dengan judul perikop Bagian Utara Kanaan Direbut).

Kita belajar perikop Bagian Utara Kanaan Direbut ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Bagian Utara Kanaan Direbut (Kitab Yosua 11:1-15)


Jos 11:1 Setelah hal itu terdengar kepada Yabin, raja Hazor, diutusnyalah orang kepada Yobab, raja Madon, dan kepada raja negeri Simron, kepada raja negeri Akhsaf,

Jos 11:2 serta kepada raja-raja yang di sebelah utara, di Pegunungan, di Araba-Yordan di sebelah selatan Kinerot, di Daerah Bukit dan di tanah bukit Dor di sebelah barat,

Jos 11:3 yakni raja-raja orang Kanaan di sebelah timur dan di sebelah barat, orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Yebus di pegunungan dan orang Hewi di kaki gunung Hermon, di tanah Mizpa.

Jos 11:4 Kemudian keluarlah raja-raja ini bersama-sama semua tentaranya, amat banyak rakyat, seperti pasir di tepi laut banyaknya, beserta sangat banyak kuda dan kereta.

Jos 11:5 Raja-raja ini bersekutu dan datang berkemah bersama-sama dekat mata air Merom untuk memerangi orang Israel.

Jos 11:6 Lalu TUHAN berkata kepada Yosua: "Janganlah takut menghadapi mereka, sebab besok kira-kira waktu ini Aku menyerahkan mereka mati terbunuh semuanya kepada orang Israel. Kuda mereka haruslah kamu lumpuhkan dan kereta mereka haruslah kamu bakar dengan api."

Jos 11:7 Lalu Yosua dengan seluruh tentaranya mendatangi mereka dengan tiba-tiba dekat mata air Merom, dan menyerbu mereka.

Jos 11:8 Dan TUHAN menyerahkan mereka kepada orang Israel. Mereka dikalahkan dan dikejar sampai Sidon-Besar dan sampai Misrefot-Maim, dan sampai lembah Mizpa yang di sebelah timur. Demikianlah mereka dihancurkan, sehingga tidak seorangpun dari mereka yang dibiarkan lolos.

Jos 11:9 Yosua melakukan terhadap mereka seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya: kuda mereka dilumpuhkan dan kereta mereka dibakar dengan api.

Jos 11:10 Pada waktu itu Yosua kembali, direbutnya Hazor, dan rajanya dibunuhnya dengan mata pedang. Sebab Hazor pada waktu dahulu adalah yang terutama di antara segala kerajaan itu.

Jos 11:11 Semua makhluk yang ada di dalamnya dibunuhnya dengan mata pedang, sambil menumpas orang-orang itu. Tidak ada yang tinggal hidup dari semua yang bernafas dan Hazor dibakarnya.

Jos 11:12 Selanjutnya segala kota kepunyaan raja-raja itu dan semua rajanya dikalahkan Yosua dan dibunuhnya dengan mata pedang. Mereka ditumpasnya seperti yang diperintahkan Musa, hamba TUHAN itu.

Jos 11:13 Tetapi kota-kota yang letaknya di atas bukit-bukit puing tidaklah dibakar oleh orang Israel, hanya Hazor saja yang dibakar oleh Yosua.

Jos 11:14 Segala barang dari kota-kota itu serta ternaknya telah dijarah orang Israel. Tetapi manusia semuanya dibunuh mereka dengan mata pedang, sehingga orang-orang itu dipunahkan mereka. Tidak ada yang ditinggalkan hidup dari semua yang bernafas.

Jos 11:15 Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, hamba-Nya itu, demikianlah diperintahkan Musa kepada Yosua dan seperti itulah dilakukan Yosua: tidak ada sesuatu yang diabaikannya dari segala yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.


Penyerangan di Utara (11:1-15).


Laporan tentang berbagai kemenangan Israel di selatan, menakutkan para raja di Kanaan Utara.

Dengan dipanggil oleh Yabin, raja dari Hazor (11:10b), para raja di Utara bergabung dan berkemah di mata air Merom.

Sementara itu, Yosua dan pasukan Israel bergerak maju terus tanpa perlawanan hingga mencapai sisi barat yang tak berpenghuni dari Lembah Yordan.

Bet-Sean (17:16), mungkin merupakan satu-satunya tempat berpenghuni di jalur tersebut (Surat-surat Amarna nomer 289).

Kota lainnya di jalur utara yang ikut bergabung dengan Yabin, ditinggalkan tanpa pertahanan.

Oleh karena itu, serangan Yosua yang bagaikan kilat, sangat mengejutkan konfederasi itu.

1. Yabin (orang yang pandai). Raja lain dengan nama dinasti, atau gelar turun-temurun yang sama, memerintah Hazor pada zaman Debora dan Barak (Hak. 4:2).

Terlalu gegabah kalau berkesimpulan, bahwa kedua kisah ini hanya cerita versi berbeda dari peristiwa yang sama.

Hazor (Tel el-Qedah, hampir lima mil di sebelah barat daya Danau Huleh) pada Zaman Perunggu Akhir meliputi daerah seluas 170 are, dan mungkin berpenduduk 40.000 orang.

Hazor pada zaman itu merupakan kota yang paling besar dan paling terkenal di Palestina.

Tahap terakhir dalam sejarahnya secara arkeologi diberi tanggal abad ketiga belas sM, puing-puing kehancurannya yang berhasil digali pastilah yang dikisahkan dalam Hakim-Hakim 4:24.

Karena puing-puing yang tersisa itu, mengungkapkan adanya pemukiman yang berkesinambungan oleh orang Kanaan sepanjang abad kedua puluh hingga abad ketiga belas sM, orang Kanaan pasti telah membangunnya kembali segera sesudah Yosua membakarnya (Yos. 11:11).

Madon. Qarn Hattin (tanduk-tanduk Hattin) yang terletak di dataran tinggi sebelah barat Tiberias.

Simron. Atau Sim'on (demikian LXX. Surat-surat Amarna nomer 255 dan benda-benda peninggalan Mesir) terletak empat mil di sebelah barat Nazaret.

Akhsaf. Tel Keisan di dataran Ako.

2. Ayat ini hendaknya dipahami sebagai berbunyi: "Dan kepada raja-raja yang ada di sebelah utara dari daerah perbukitan (yaitu Galilea Atas) dan di gurun Araba di sebelah selatan (atau dekat) Kinerot (yaitu Dataran Genesaret, Mrk. 6:53) dan di Sephelah (yaitu kaki perbukitan di antara Samaria dan Karmel, termasuk Megido dan Taanakh, bdg. 11:16) dan di wilayah Bukit Dor di sebelah barat (bukit-bukit rendah bergelombang sangat menonjol di antara Dor dan Athlit - Baly, hlm. 24, 132)."

Kinerot. Tel el-Oreimeh, ditaklukkan oleh Thutmose III, dua mil di sebelah barat daya Kapernaum.

3. Orang Hewi di kaki Gunung Hermon, di tanah Mizpa. Pemukiman orang Bur di kaki barat Gunung Hermon di Lembah Libanon (bagian selatan dari Beqa Libanon yang mencakup Sungai Leontes, bdg. 11:7, Hak. 3:3).

Lembah Mizpa (11:8) mencakup hulu Sungai Nar el-Hasbani, sebuah sumber dari Sungai Yordan.

Mizpa dan Baal-Gad (11:17) terletak bersebelahan sekitar dua puluh tiga mil di sebelah selatan Sidon.

5. Mata air Merom. Bukan Danau Huleh.

LXX menerjemahkannya sebagai Marrõn.

Sangat mungkin, mata air ini terletak pada sebuah dataran sempit di banyak sumber air yang ada di antara kota Meiron dan Safed zaman modern, yaitu sekitar enam mil di sebelah barat daya Hazor, sebuah wadi dari sumber air ini mengalir sepanjang sembilan mil ke arah selatan menuju Danau Galilea di Kinerot.

6. Betapa hebat Allah mendorong Yosua untuk menyerang musuh yang tampaknya mustahil dikalahkan pada keesokan harinya.

Pada malam hari sebelumnya, pasukan Israel mungkin telah mendirikan kemahnya di dataran Genesaret.

Allah memerintahkan pasukan itu untuk membunuh semua kuda dan memusnahkan semua kereta perang orang Kanaan, agar Israel tidak mengandalkan keperkasaan senjata pasukan lebih dari diri-Nya (bdg. Ul. 17:16, Mzm. 20:7, Yes. 31:1).

Lagi pula, mempergunakan perlengkapan perang semacam itu, memerlukan pasukan profesional seperti yang di Kanaan dikenal dengan kelompok Maryannu (bdg. I Sam. 8:11-12).

Di kemudian hari, penyembahan dewa-dewa Asyur di Yerusalem mencakup upacara penyembahan kuda kereta perang sebagai bentuk penyembahan berhala (II Raj. 23:11).

8. Sidon-Besar. Kota Sidon Yang lebih besar dan terletak di daratan utama berhadapan dengan sekelompok pulau kecil, serta kota pulau Sidon Kecil (bdg. Prisma Taylor tentang Sanherib).

Misrefot-Maim. Kirbet el-Musyreifeh yang terletak di sebelah selatan sebuah tanjung yang dikenal dengan nama "tangga Tirus".

Dengan demikian, musuh-musuh tersebut berlari ke utara, barat dan timur laut (lih. taf. 11:3).

11. Dibunuhnya dengan mata pedang. Secara harfiah: dengan mulut pedang. Maksudnya: hingga ke hulu pedang.

Pedang yang dimaksud, lebih merupakan sebuah belati (hereb), yang adalah pedang utama orang Israel berupa pisau perunggu sepanjang sepuluh hingga dua belas inci dari gagang yang sering diberi ukiran singa dengan mulut yang terbuka (bdg. Why. 19:15).

Gagang dari hereb milik Ehud mempunyai dua kepala singa dengan mulut yang terbuka, yang panjangnya delapan belas inci (Hak. 3:16. Lih. BASOR, nomer 122, hlm. 31 dst.).

Pasukan Yosua juga bersenjatakan lembing (8:18, lihat tafsirannya), busur dan panah (24:12), dan juga tidak diragukan lagi arabin dan batu-batu yang diperlukan (Hak. 20:16), tombak (Bil. 25:7-8) dan tombak yang dilemparkan (I Sam. 18: 10-11).

Perikop Selanjutnya: Kemenangan-kemenangan Orang Israel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel