Yosua 7: Dosa dan Hukuman Akhan

Dosa dan Hukuman Akhan.

Setelah belajar perikop Jatuhnya Yerikho dari kitab Yosua, maka sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Dosa dan Hukuman Akhan.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Yosua (Joshua 7 dengan judul perikop Dosa dan Hukuman Akhan).

Kita belajar perikop Dosa dan Hukuman Akhan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Dosa dan Hukuman Akhan (Kitab Yosua 7)


Jos 7:1 Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda, mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel.

Jos 7:2 Yosua menyuruh orang dari Yerikho ke Ai, yang letaknya dekat Bet-Awen, di sebelah timur Betel, dan berkata kepada mereka, demikian: "Pergilah ke sana dan intailah negeri itu." Maka pergilah orang-orang itu ke sana dan mengintai kota Ai.

Jos 7:3 Kemudian kembalilah mereka kepada Yosua dan berkata kepadanya: "Tidak usah seluruh bangsa itu pergi, biarlah hanya kira-kira dua atau tiga ribu orang pergi untuk menggempur Ai itu; janganlah kaususahkan seluruh bangsa itu dengan berjalan ke sana, sebab orang-orang di sana sedikit saja."

Jos 7:4 Maka berangkatlah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu ke sana; tetapi mereka melarikan diri di depan orang-orang Ai.

Jos 7:5 Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

Jos 7:6 Yosuapun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang, bersama dengan para tua-tua orang Israel, sambil menaburkan debu di atas kepalanya.

Jos 7:7 Dan berkatalah Yosua: "Ah, Tuhanku ALLAH, mengapa Engkau menyuruh bangsa ini menyeberangi sungai Yordan? supaya kami diserahkan kepada orang Amori untuk dibinasakan? Lebih baik kalau kami putuskan tadinya untuk tinggal di seberang sungai Yordan itu!

Jos 7:8 O Tuhan, apakah yang akan kukatakan, setelah orang Israel lari membelakangi musuhnya?

Jos 7:9 Apabila hal itu terdengar oleh orang Kanaan dan seluruh penduduk negeri ini, maka mereka akan mengepung kami dan melenyapkan nama kami dari bumi ini. Dan apakah yang akan Kaulakukan untuk memulihkan nama-Mu yang besar itu?"

Jos 7:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Bangunlah! Mengapa engkau sujud demikian?

Jos 7:11 Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya.

Jos 7:12 Sebab itu orang Israel tidak dapat bertahan menghadapi musuhnya. Mereka membelakangi musuhnya, sebab mereka itupun dikhususkan untuk ditumpas. Aku tidak akan menyertai kamu lagi jika barang-barang yang dikhususkan itu tidak kamu punahkan dari tengah-tengahmu.

Jos 7:13 Bangunlah, kuduskanlah bangsa itu dan katakan: Kuduskanlah dirimu untuk esok hari, sebab, demikianlah firman TUHAN, Allah Israel: Hai, orang Israel ada barang-barang yang dikhususkan di tengah-tengahmu; kamu tidak akan dapat bertahan menghadapi musuhmu, sebelum barang-barang yang dikhususkan itu kamu jauhkan dari tengah-tengah kamu.

Jos 7:14 Besok pagi kamu harus tampil ke muka suku demi suku dan suku yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka kaum demi kaum, dan kaum yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka keluarga demi keluarga dan keluarga yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka seorang demi seorang.

Jos 7:15 Dan siapa yang didapati menyimpan barang-barang yang dikhususkan itu, akan dibakar dengan api, ia dan segala sesuatu yang ada padanya, sebab ia telah melanggar perjanjian TUHAN dan berbuat noda di antara orang Israel."

Jos 7:16 Keesokan harinya bangunlah Yosua pagi-pagi, lalu menyuruh orang Israel tampil ke muka suku demi suku, maka didapatilah suku Yehuda.

Jos 7:17 Ketika disuruhnya tampil ke muka kaum-kaum Yehuda, maka didapatinya kaum Zerah. Ketika disuruhnya tampil ke muka kaum Zerah, seorang demi seorang, maka didapatilah Zabdi.

Jos 7:18 Ketika disuruhnya keluarga orang itu tampil ke muka, seorang demi seorang, maka didapatilah Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda.

Jos 7:19 Berkatalah Yosua kepada Akhan: "Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku."

Jos 7:20 Lalu Akhan menjawab Yosua, katanya: "Benar, akulah yang berbuat dosa terhadap TUHAN, Allah Israel, sebab beginilah perbuatanku:

Jos 7:21 aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali."

Jos 7:22 Lalu Yosua menyuruh orang segera pergi ke kemah itu, dan sesungguhnya, semuanya itu disembunyikan dalam kemah Akhan, dan perak itu ada di bawah sekali.

Jos 7:23 Maka mereka mengambil semuanya itu dari dalam kemah, lalu membawanya kepada Yosua dan kepada semua orang Israel, dan mencurahkannya di hadapan TUHAN.

Jos 7:24 Kemudian Yosua, beserta seluruh Israel mengambil Akhan bin Zerah, dan perak, jubah dan emas sebatang itu, anak-anaknya yang laki-laki dan perempuan, lembunya, keledainya dan kambing dombanya, kemahnya dan segala kepunyaannya, lalu semuanya itu dibawa ke lembah Akhor.

Jos 7:25 Berkatalah Yosua: "Seperti engkau mencelakakan kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini." Lalu seluruh Israel melontari dia dengan batu, semuanya itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu.

Jos 7:26 Sesudah itu didirikanlah di atasnya suatu timbunan batu yang besar, yang masih ada sampai sekarang. Lalu surutlah murka TUHAN yang bernyala-nyala itu. Oleh sebab itu nama tempat itu sampai sekarang disebutkan lembah Akhor.


Penyerangan Pokok (6:7-8:29).


Pertama-tama, yang diserang adalah Yerikho yang terletak di Lembah Yordan, sesudah itu Ai yang terletak di Central Ridge.

Kekalahan di Ai Akibat Dosa Akhan (7:1-26).


Ai terletak sekitar dua mil di sebelah timur Betel, pada sisi timur di Central Ridge dekat Bet-Awen (7:2).

Penggalian purbakala yang dilakukan sarjana Perancis (1933-1935) di et-Tell, tempat yang pada umumnya diduga adalah Ai, menunjukkan adanya kurun waktu panjang (k. l. 200-1200 sM) di antara dua pemukiman di situ, yang menunjukkan bahwa wilayah tersebut tidak didiami ketika Yosua masuk ke Kanaan.

Tampaknya bukti dari et-Tell menyokong pendapat, bahwa et-Tell adalah Bet-Awen, rumah penyembahan berhala, sebab di bagian kota yang paling tinggi dijumpai sejumlah kuil kafir pada milenium ketiga sM.

Dan sebuah pemukiman kecil ada lagi di sana sampai zaman Saul, mungkin berawal pada abad ke-14 sM, yaitu saat Kitab Yosua ditulis (bdg. 18:12, I Sam. 13:5, 14:23).

Belakangan, Hosea memakai nama Bet-Awen untuk Betel yang terletak di dekat situ (Hos. 4:15, 5:8, 10:5).

Mungkin, et-Tell tidak dapat disamakan dengan Ai.

Puing-puing Ai yang sudah gundul sejak lama, sangat mungkin terletak di bawah desa Deir Dibwan sekarang ini, yang terletak di sebelah tenggara et-Tell.

Ayat (Yes. 10:28 Asyur telah muncul dari Rimon dan telah datang menyerang Ayat) muncul kemudian di Khirbet Haiyan yang terletak kurang dari satu mil di sebelah selatan Deir Dibwan, dan merupakan Ai atau Aija (bhs. Aram) zaman pasca pembuangan (Ezr. 2:28, Neh. 7:32, 11:31).

Di mana pun letaknya, pada zaman Yosua, Ai adalah sebuah kota yang memiliki benteng kokoh, berbeda dari Betel, dan memiliki rajanya sendiri.

Letaknya sangat strategis, sebab berada pada jalur utama dari Gilgal ke wilayah Betel.

Pasal ini mengisahkan bagaimana iman sekelompok umat Allah dirusak, dan dijadikan tidak berdaya oleh pengaruh meluas dari sebuah komplotan rahasia yang dilaksanakan oleh salah seorang anggota mereka.

Dosa menyelinap di antara kemenangan iman.

Bagaikan ragi, dosa dengan cepat mencemari semuanya.

Juga, Yosua dikisahkan sebagai pembimbing rohani yang berhasil memperoleh pengakuan si orang berdosa dengan cara memadukan kelembutan dengan ketegasan (7:19-20), supaya bangsa itu dapat menolak dosa tersebut, serta lolos dari malapetaka yang sedang menimpa mereka.

1. Berubah setia dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan. Secara harfiah: berubah setia berkaitan dengan bagian yang telah dikhususkan, sebab tindakan tersebut merupakan kejahatan berdasarkan hukum perjanjian.

Seorang yang melanggar herem (kutuk) atas Yerikho, telah mendatangkan kesalahan dan hukuman atas seluruh bangsa itu.

Ayat ini mendahului narasi dengan tujuan memberikan alasan terjadinya malapetaka tersebut.

2. Mengintai kota Ai. Para pengintai tersebut salah dalam menaksir jumlah penduduk kota Ai (8:25, lih. taf. 2:23-24).

5. Syebarim. Tempat-tempat yang hancur (maksudnya yang tercemar) di lereng terjal yang berhubungan dengan jurang berikutnya di sebelah utara dari lereng terjal yang terkenal di Mikhmas (I Sam. 14:4-5).

Ada tiga puluh enam anggota pasukan Israel terbunuh ketika mereka melarikan diri dengan tergesa-gesa mendaki tanjakan yang terletak di pinggiran selatan wadi itu.

6-9. Selaku seorang jendral besar, Yosua sangat sedih atas hilangnya semangat juang di awal perjuangan mereka.

Dengan melupakan tugasnya untuk sesaat (1:5), Yosua takut bahwa Allah telah meninggalkan Israel.

Yang paling ia takuti ialah, bahwa orang Kanaan bangkit kembali keberaniannya, serta tidak dihormatinya Allah (bdg. 4:24, Bil. 14:15-16, Ul. 9:28).

10-15. Yehova menjawab, bahwa malapetaka tersebut disebabkan bukan oleh ketidaksetiaan Allah, tetapi oleh dosa Israel (bdg. Yes. 59:1-2).

Tuhan menunjukkan kenyataan atau ketidakjujuran dosa (7:10-11), akibat atau kekalahan dosa (7:12), serta cara memperbaiki atau membuangnya (7:13-14).

16-18. Akhan yang bersalah, teridentifikasi melalui upacara suci membuang undi, mungkin dengan memakai pecahan tanah liat yang ada tulisannya (bdg. I Sam. 10:20-24, 14:41-42, Ams. 16:33).

Cara ini merupakan cara yang dipakai kelak di dalam membagi negeri tersebut di antara suku-suku Israel (Bil. 26:55).

19. Hormatilah Tuhan. Dengan desakan yang sungguh-sungguh untuk berkata benar di hadapan Allah ini, Yosua memerintahkan Akhan untuk mengakui seluruh perbuatannya (bdg. Yoh. 9:24).

Mengakulah. Secara harfiah: berilah pujian. Melalui pengakuan, akan memuji Yehova yang Mahatahu, karena telah membongkar kesalahan yang terselubung, serta mengakui, bahwa hukuman yang telah ditimpakan itu adil.

21. Jubah yang indah, buatan Sinear, yaitu jubah yang berasal dari Siria Utara (bdg. Surat Amarna nomer 35, baris ke-49), yang mungkin disulam dengan benang emas, sehingga dipersembahkan kepada perbendaharaan Allah.

Dua ratus syikal perak. Potongan-potongan, atau gelang dari perak yang diukur menurut beratnya.

Sebatang emas. Batangan emas yang panjangnya sekitar sepuluh inci dan lebar satu inci serta tebal satu setengah inci, seperti yang telah berhasil digali oleh Macalister di Gezer.

Sebuah batangan yang sama tercantum di dalam Surat Amarna nomer 29 baris ke-39.

24-26. Dengan mencuri barang-barang yang dipersembahkan kepada berhala, Akhan menempatkan diri sebagai orang yang dikhususkan, yaitu yang ditetapkan untuk dimusnahkan.

Siapapun yang menyentuh herem, ikut menjadi herem, dan karenanya dikhususkan untuk mati (bdg. I Raj. 20:42).

Seluruh rumah tangga Akhan, termasuk anak-anaknya, ikut terkena kutukan tersebut bersamanya (bdg. Ul. 13:12-17).

Karena tinggal di bawah kemah yang sama, mereka pasti ikut berkomplot.

Orang-orang yang jahat, sering kali dikubur di bawah setumpukan batu (Yos. 8:29, II Sam. 18:17).

Lembah Akhor (mencelakakan, 7:25) terletak di perbatasan utara Yehuda (15:7), mungkin merupakan Wadi Gelt yang terletak satu mil di sebelah selatan Yerikho.

Perikop Selanjutnya: Ai Dibinasakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel