1 Samuel 22:1-5: Daud di Gua Adulam

Daud di Gua Adulam
Daud di Gua Adulam.

Setelah belajar perikop Daud di Gat dari 1 Samuel, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Daud di Gua Adulam.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Samuel (1Sa 22:1-5 dengan judul perikop Daud di Gua Adulam).

Kita belajar perikop Daud di Gua Adulam ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Daud di Gua Adulam (Kitab 1 Samuel 22:1-5)


1Sa 22:1 Lalu Daud pergi dari sana dan melarikan diri ke gua Adulam. Ketika saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya mendengar hal itu, pergilah mereka ke sana mendapatkan dia.

1Sa 22:2 Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

1Sa 22:3 Dari sana Daud pergi ke Mizpa di Moab dan berkata kepada raja negeri Moab: "Izinkanlah ayahku dan ibuku tinggal padamu, sampai aku tahu, apa yang dilakukan Allah kepadaku."

1Sa 22:4 Lalu diantarkannyalah mereka kepada raja negeri Moab, dan mereka tinggal bersama dia selama Daud ada di kubu gunung.

1Sa 22:5 Tetapi Gad, nabi itu, berkata kepada Daud: "Janganlah tinggal di kubu gunung itu, pergilah dan pulanglah ke tanah Yehuda." Lalu pergilah Daud dan masuk ke hutan Keret.


22:1. Pergilah mereka ke sana. Maksudnya, dari rumah mereka di Betlehem.

Seluruh keluarga Daud rupanya ikut melarikan diri bersama dengan Daud.

Di Timur, merupakan kebiasaan bahwa seluruh keluarga dibunuh karena kesalahan satu orang anggota keluarga, dan pembantaian di Nob mengingatkan keluarga Daud akan apa yang mungkin terjadi atas diri mereka.

5. Gad ini disebut di sini untuk pertama kalinya.

Di kemudian hari dia menjadi pelihat Daud (II Sam. 24:11).

Dia menegur Daud atas dosanya mengadakan sensus dan menulis sejarah pemerintahan Daud (I Taw. 29:29).

Dari II Tawarikh 29:25, tampak bahwa dia memperhatikan pengaturan kebaktian di Bait Suci.

Perikop Selanjutnya: Para Imam di Nob Dibunuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel