2 Samuel 17:15-29: Daud Ke Mahanaim

Daud Ke Mahanaim
Daud Ke Mahanaim.

Setelah belajar perikop Nasihat Ahitofel Digagalkan Oleh Nasihat Husai dari Kitab 2 Samuel, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Daud Ke Mahanaim.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 2 Samuel (2Sa 17:15-29 dengan judul perikop Daud Ke Mahanaim).

Kita belajar perikop Daud Ke Mahanaim ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Daud Ke Mahanaim (Kitab 2 Samuel 17:15-29)


2Sa 17:15 Sesudah itu berkatalah Husai kepada Zadok dan kepada Abyatar, imam-imam itu: "Ini dan itu dinasihatkan Ahitofel kepada Absalom dan kepada para tua-tua Israel, tetapi ini dan itu kunasihatkan.

2Sa 17:16 Oleh sebab itu, suruhlah dengan segera memberitahukan kepada Daud, demikian: Pada malam ini janganlah bermalam di tempat-tempat penyeberangan ke padang gurun, tetapi menyeberanglah dengan segera, supaya jangan raja dan seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia itu ditelan habis."

2Sa 17:17 Yonatan dan Ahimaas menunggu di En-Rogel, dan setiap kali ada seorang budak perempuan yang datang membawa kabar kepada mereka; dan merekapun langsung memberitahu raja Daud, sebab mereka tidak boleh dilihat memasuki kota.

2Sa 17:18 Tetapi seorang anak melihat mereka, lalu memberitahu Absalom. Jadi pergilah keduanya dengan segera, dan sampailah mereka ke rumah seseorang di Bahurim yang mempunyai sumur di halamannya; maka turunlah mereka ke dalamnya.

2Sa 17:19 Kemudian perempuan itu mengambil kain tudungan, membentangkannya di atas mulut sumur itu dan menaburkan butir-butir gandum di atasnya, sehingga tidak kelihatan apa-apa.

2Sa 17:20 Sampailah orang-orang Absalom kepada perempuan itu di rumahnya, lalu bertanya: "Di manakah Ahimaas dan Yonatan?" Jawab perempuan itu kepada mereka: "Mereka telah menyeberangi sungai itu." Kemudian mereka mencari, tetapi tidak mendapatnya, lalu pulanglah mereka ke Yerusalem.

2Sa 17:21 Setelah orang-orang itu pergi, keluarlah keduanya dari sumur, lalu pergi memberitahu raja Daud, kata mereka kepada Daud: "Bersiaplah dan seberangilah dengan segera sungai ini, sebab ini dan itu dinasihatkan Ahitofel terhadap kamu."

2Sa 17:22 Lalu bersiaplah Daud dan seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia, dan mereka menyeberangi sungai Yordan. Pada waktu fajar tidak ada seorangpun yang ketinggalan, yang tidak menyeberangi sungai Yordan.

2Sa 17:23 Ketika dilihat Ahitofel, bahwa nasihatnya tidak dipedulikan, dipasangnyalah pelana keledainya, lalu berangkatlah ia ke rumahnya, ke kotanya; ia mengatur urusan rumah tangganya, kemudian menggantung diri. Demikianlah ia mati, lalu ia dikuburkan dalam kuburan ayahnya.

2Sa 17:24 Maka sampailah Daud ke Mahanaim, ketika Absalom menyeberangi sungai Yordan dengan seluruh orang Israel yang menyertainya.

2Sa 17:25 Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Ismael yang telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.

2Sa 17:26 Lalu orang Israel dan Absalom berkemah di tanah Gilead.

2Sa 17:27 Ketika Daud tiba di Mahanaim, maka Sobi bin Nahas, dari Raba, kota bani Amon, dan Makhir bin Amiel, dari Lodebar, dan Barzilai, orang Gilead, dari Rogelim, membawa

2Sa 17:28 tempat tidur, pasu, periuk belanga, juga gandum, jelai, tepung, bertih gandum, kacang babi, kacang merah besar, kacang merah kecil,

2Sa 17:29 madu, dadih, kambing domba dan keju lembu bagi Daud dan bagi rakyat yang bersama-sama dengan dia, untuk dimakan, sebab kata mereka: "Rakyat ini tentu telah menjadi lapar, lelah dan haus di padang gurun."


17. En-Rogel. Mungkin sumber air yang lebih luas, disebutkan dalam I Raja-Raja 1:9.

Tempatnya adalah di Lembah Kidron, di bawah desa Silwan, dekat titik pertemuan Lembah Kidron dengan Lembah Hinom.

En-Rogel merupakan tempat yang menonjol di perbatasan wilayah suku Yehuda dengan suku Benyamin.

Budak perempuan. Kata sandang tertentu dalam bahasa Ibraninya, mungkin hanya menunjukkan bahwa perempuan itu memang dipilih untuk melakukan tugas itu, atau bisa juga berarti seorang pelayan khusus - diambil dari salah satu keluarga imam - yang kepadanya dapat dipercayakan tugas itu.

Dia bisa pergi ke sumber air untuk mengambil air tanpa dicurigai, sebab mengambil air dilakukan sebagian besar oleh perempuan.

19. Menaburkan butir-butir gandum. Butir-butir gandum yang tidak sempurna dan dipersiapkan untuk dipakai orang dengan menumbuknya dalam lumpang.

23. Menggantung diri. Jumlah bunuh diri di dalam Alkitab sangat sedikit.

Ketelitian Ahitofel di dalam mempersiapkan dirinya dan keluarganya serta penguburan dalam makam keluarga, menunjukkan bahwa bunuh diri tersebut disetujui.

Ahitofel telah menempatkan dirinya dalam posisi yang sulit.

Jika Absalom menang, Ahitofel pasti harus kalah terhadap Husai.

Jika Daud yang menang, Ahitofel pasti dipanggil untuk menjelaskan mengapa dirinya menasihati lawan tentang cara menangkap Daud.

Bangsa itu mengetahui posisi Ahitofel yang serba sulit.

Perlu dicatat, bahwa tindakan bunuh diri Ahitofel tidak membuat haknya untuk dikubur di dalam kuburan keluarga menjadi hilang.

24. Ke Mahanaim. Ini semula merupakan markas besar kerajaan Isyboset.

Tempat ini dipilih oleh Daud sebagai markas besarnya mengingat kedudukannya yang kuat di antara kota-kota Trans-Yordan, dan karena di situ tidak banyak muncul rasa tidak puas.

Kota ini merupakan kota yang penting pada zaman para leluhur, dan salah satu tempat perhentian Yakub ketika ia kembali ke Palestina untuk menjumpai kakaknya Esau.

Di tempat ini, Yakub melihat para utusan ilahi yang mengelilingi dan melindungi perkemahannya, sehingga ia namakan Mahanaim (Kemah Kembar).

25. Abigal binti Nahas. Menurut tradisi Yahudi, Nahas adalah nama lain dari Isai.

Penafsir lain beranggapan, bahwa Nahas adalah nama suami pertama dari istri Isai.

29. Dadih. Mungkin yang dimaksudkan adalah susu yang dibekukan.

Orang Arab modern menamakannya leben, dan dianggap sebagai minuman menyegarkan yang sangat digemari.

Perikop Selanjutnya: Absalom Terpukul Kalah dan Mati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel