1 Raja-raja 7:1-12: Istana Salomo

Setelah belajar perikop Salomo Mendirikan Bait Suci dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Istana Salomo.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 7:1-12 dengan judul perikop Istana Salomo).

Kita belajar perikop "Istana Salomo" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Istana Salomo (Kitab 1Ki 7:1-12)


1Ki 7:1 Salomo mendirikan istananya sampai tiga belas tahun lamanya, barulah selesai seluruh istananya itu.

1Ki 7:2 Ia mendirikan gedung "Hutan Libanon", seratus hasta panjangnya dan lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya, disangga oleh tiga jajar tiang kayu aras dengan ganja kayu aras di atas tiang itu.

1Ki 7:3 Gedung itu ditutup dari atas dengan langit-langit kayu aras, di atas balok-balok melintang yang disangga oleh tiang-tiang itu, empat puluh lima jumlahnya, yakni lima belas sejajar.

1Ki 7:4 Ada pula tiga jajar jendela berbidai, jendela berhadapan dengan jendela, tiga kali.

1Ki 7:5 Dan semua pintu dan jendela segi empat bangunnya; jendela berhadapan dengan jendela, tiga kali.

1Ki 7:6 Ia membuat juga Balai Saka, lima puluh hasta panjangnya dan tiga puluh hasta lebarnya, dengan di sebelah depannya sebuah balai lagi yang bertiang dan bertangga di sebelah depannya.

1Ki 7:7 Dibuatnya juga Balai Singgasana, tempat ia memutuskan hukum, balai pengadilan, yang ditutupi dengan kayu aras dari lantai sampai ke balok langit-langit.

1Ki 7:8 Dan gedung kediamannya sendiri, di pelataran yang lain, lebih ke sebelah dalam lagi dari balai itu, adalah sama buatannya. Dan bagi anak Firaun, yang diambil Salomo menjadi isterinya, dibuatnya juga sebuah gedung sama dengan balai itu.

1Ki 7:9 Tembok dari semuanya ini dibuat dari batu yang mahal-mahal, yang sesuai dengan ukuran batu pahat digergaji dengan gergaji dari sebelah dalam dan dari sebelah luar, dari dasar sampai ke atas, dan juga dari tembok luar sampai kepada tembok pelataran besar.

1Ki 7:10 Bahkan dasar gedung-gedung itu dari batu yang mahal-mahal, batu yang besar-besar, batu yang sepuluh hasta dan batu yang delapan hasta.

1Ki 7:11 Di bagian atas ada batu yang mahal-mahal, berukuran batu pahat, dan kayu aras juga.

1Ki 7:12 Sekeliling pelataran besar ada tembok dari tiga jajar batu pahat dan satu jajar balok kayu aras; demikian juga sekeliling pelataran dalam rumah TUHAN dan balainya.


1. Salomo mendirikan istananya sampai tiga belas tahun lamanya. Jangka waktu yang diperlukan nyaris dua kali lipat daripada yang diperlukan untuk mendirikan Bait Suci.

Namun harus diingat bahwa untuk pembangunan istana tidak ada persiapan sebelumnya, dan pendiriannya juga tidak terlalu mendesak.

2. Ia mendirikan gedung "Hutan Libanon". Di sini, bahasa Ibrani aslinya agak sulit dipahami.

Ungkapan kol betho (seluruh istananya, ay. 1) dapat diterjemahkan dengan berbeda-beda. Bisa saja orang menganggap bangunan-bangunan yang didirikan Salomo, tidak termasuk Bait Suci, sebagai sebuah bangunan besar.

Juga bisa saja orang menganggap bangunan-bangunan ini, termasuk Bait Allah, sebagai empat buah bangunan berbeda yang erat kaitannya, yaitu:
(1) Bait Suci Salomo,
(2) istana pribadinya,
(3) Balai Sangga (persenjataan untuk pertahanan), dan
(4) Balai Singgasana untuk pengadilan.

10. Bahkan dasar gedung-gedung itu dari batu yang mahal-mahal. Batu-batu tersebut berukuran antara dua belas hingga lima belas kaki tingginya.

Perikop Selanjutnya: Benda-benda Logam Bait Suci.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel