2 Raja-raja 14:1-22: Amazia, Raja Yehuda

Yang penting adalah sekarang dan hari esok. Karena kebaikan di masa lampau tidak ada artinya jika sekarang kita hidup tidak baik, sebaliknya ketidak baikan masa lalu seharusnya tidak akan mempengaruhi hidup hari kini dan esok.

Klik:

Seperti Yoas, raja Yehuda yang awalnya baik namun akhir hidupnya tragis, demikian juga dengan anaknya yang bernama Amazia yang akan kita lihat kisahnya dalam perikop ini.

2 Raja-raja 14:1-22


2Ki 14:1 Dalam tahun kedua zaman Yoas bin Yoahas, raja Israel, Amazia, anak Yoas raja Yehuda menjadi raja.

2Ki 14:2 Ia berumur dua puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh sembilan tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yoadan, dari Yerusalem.

2Ki 14:3 Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN, hanya bukan seperti Daud, bapa leluhurnya. Ia berbuat tepat seperti yang diperbuat Yoas, ayahnya.

2Ki 14:4 Namun demikian, bukit-bukit pengorbanan tidaklah dijauhkan. Bangsa itu masih mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit itu.

2Ki 14:5 Segera sesudah kuasa kerajaan itu kokoh di tangannya, dibunuhnyalah pegawai-pegawainya yang telah membunuh raja, yaitu ayahnya.

2Ki 14:6 Tetapi anak-anak para pembunuh itu tidak dihukum mati olehnya, seperti yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, di mana TUHAN telah memberi perintah: "Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya, melainkan setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri."

2Ki 14:7 Ia mengalahkan Edom di Lembah Asin, sepuluh ribu orang banyaknya, dan merebut Sela dalam peperangan itu, lalu dinamainyalah kota itu Yokteel; begitulah sampai hari ini.

2Ki 14:8 Pada waktu itu Amazia menyuruh utusan kepada Yoas bin Yoahas bin Yehu, raja Israel, mengatakan: "Mari kita mengadu tenaga!"

2Ki 14:9 Tetapi Yoas, raja Israel, menyuruh orang kepada Amazia, raja Yehuda, mengatakan: "Rumput duri yang di gunung Libanon mengirim pesan kepada pohon aras yang di gunung Libanon, bunyinya: Berikanlah anakmu perempuan kepada anakku laki-laki menjadi isterinya. Tetapi binatang-binatang hutan yang ada di gunung Libanon itu berjalan lewat dari sana, lalu menginjak rumput duri itu.

2Ki 14:10 Memang engkau telah mengalahkan Edom, sebab itu engkau menjadi tinggi hati. Cukuplah bagimu mendapat kehormatan itu dan tinggallah di rumahmu. Untuk apa engkau menantang malapetaka, sehingga engkau jatuh dan Yehuda bersama-sama engkau?"

2Ki 14:11 Tetapi Amazia tidak mau mendengarkan, sebab itu majulah Yoas, raja Israel, lalu mengadu tenagalah mereka, ia dan Amazia, raja Yehuda, di Bet-Semes yang termasuk wilayah Yehuda.

2Ki 14:12 Yehuda terpukul kalah oleh Israel, sehingga masing-masing lari ke kemahnya.

2Ki 14:13 Yoas, raja Israel menangkap Amazia, raja Yehuda, anak Yoas bin Ahazia, di Bet-Semes. Lalu Yoas masuk ke Yerusalem, dan membongkar tembok Yerusalem dari Pintu Gerbang Efraim sampai ke Pintu Gerbang Sudut, empat ratus hasta panjangnya.

2Ki 14:14 Sesudah itu ia mengambil segala emas dan perak dan segala perkakas yang terdapat dalam rumah TUHAN dan dalam perbendaharaan istana raja, juga orang-orang sandera, kemudian pulanglah ia ke Samaria.

2Ki 14:15 Selebihnya dari riwayat Yoas, apa yang dilakukannya dan kepahlawanannya dan bagaimana ia berperang melawan Amazia, raja Yehuda, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Ki 14:16 Kemudian Yoas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Samaria di samping raja-raja Israel. Maka Yerobeam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

2Ki 14:17 Amazia bin Yoas, raja Yehuda, masih hidup lima belas tahun lamanya sesudah matinya Yoas bin Yoahas, raja Israel.

2Ki 14:18 Selebihnya dari riwayat Amazia, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Ki 14:19 Di Yerusalem orang mengadakan persepakatan melawan dia, sebab itu larilah ia ke Lakhis. Tetapi mereka menyuruh mengejar dia ke Lakhis, lalu dibunuhlah dia di sana.

2Ki 14:20 Diangkutlah dia dengan kuda, lalu dikuburkan di Yerusalem di samping nenek moyangnya di kota Daud.

2Ki 14:21 Segenap bangsa Yehuda mengambil Azarya, yang masih berumur enam belas tahun dan mengangkat dia menjadi raja menggantikan ayahnya, Amazia.

2Ki 14:22 Ia memperkuat Elat dan mengembalikannya kepada Yehuda, sesudah raja mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya.


Tafsiran Wycliffe


Yehuda di Bawah Pemerintahan Amazia dan Azarya (14:1-22).

Riwayat hidup Amazia mengisahkan bagaimana hati yang angkuh direndahkan dan bagaimana Tuhan menjatuhkan hukuman atas dosa keangkuhan.

1. Dalam tahun kedua zaman Yoas ... Amazia ... menjadi raja. Tahun yang dimaksudkan adalah tahun 797/796 sM (lih. 13:1 untuk urutan peristiwa masa itu dan Thiele, Mysterious Numbers, hlm. 68 dst.).

3. Ia melakukan apa yang benar ... hanya bukan seperti Daud. Kisah tentang bagaimana Amazia gagal meniru teladan Daud terdapat di II Tawarikh 25:14 dan seterusnya.

Di kemudian hari dia mulai menyembah dewa-dewa Edom yang dikenalnya ketika ia menyerang Edom. Dia mengikuti teladan ayahnya, Yoas (3c).

5, 6. Dibunuhnyalah pegawai-pegawainya. Amazia tidak mengikuti kebiasaan Timur dengan membantai anggota komplotan dan keturunannya; dia hanya membunuh anggota komplotan sesuai dengan Ulangan 24:16.

Catatan: Disebutnya Kitab Taurat Musa merupakan bukti bahwa Kitab Ulangan bukan sebuah karya yang disusun belakangan sebagaimana anggapan para peneliti Alkitab dari segi sejarah dan sastra.

7. Ia ... merebut Sela. Sela adalah nama kuno bagi Petra.

Dia juga mengangkut dewa-dewa Sela ke Yerusalem dan menyembah dewa-dewa itu (bdg. II Taw. 25:14 dst.).

Ayat ini melukiskan sebuah peperangan yang tanpa alasan terhadap pihak Edom sehingga menunjukkan keangkuhan dan kekejaman Amazia.

Yehuda merosot satu langkah lagi menuju jurang kehancurannya.

8, 9. Amazia menyuruh utusan. Keangkuhannya mengakibatkan timbul masalah dengan Israel karena Amazia menyembah dewa-dewa Edom.

Di tengah pesta pora untuk kemenangannya atas Petra, Amazia menantang Yoas raja Israel untuk berperang.

Mari kita mengadu tenaga. Yosefus (Antiquities, lx.9.2) mengatakan, bahwa Amazia menuntut Yoas tunduk kepadanya, jika tidak maka akibatnya adalah perang (lih. juga II Taw. 25:13).

Rumput duri ... mengirim pesan kepada pohon aras. Yoas adalah pohon aras; Amazia adalah rumput duri.

Tantangan Amazia itu berlebihan dan angkuh. Yoas sudah mengalahkan dan memusnahkan Aram.

Ayat 11-14 melukiskan kekalahan Yehuda, hancurnya sebagian Yerusalem, dan penawanan sejumlah penduduk - semua dikarenakan Amazia menyembah dewa-dewa Edom (II Taw. 25:20). Amazia sendiri ditangkap (14:13) karena ia telah menolak nasihat sang nabi untuk bertobat (II Taw. 25:15, 16).

17-20. Amazia ... masih hidup lima belas tahun ... sesudah matinya Yoas. Lihat Thiele, Mysterious Numbers, halaman 68-72.

Yerobeam II memerintah bersama-sama Yoas selama dua belas tahun (bdg. 14:23; 15:1); Azarya memerintah bersama-sama Amazia sepanjang dua puluh empat tahun (bdg. 15:18; 14:23).

Jadi, Azarya naik takhta pada tahun kelima pemerintahan Amazia, mungkin karena rakyat tidak puas dengan serangan Amazia yang gegabah terhadap Israel serta akibatnya (lih. ps. 19).

Amazia melarikan diri ke Lakhis yang sebelumnya pernah merupakan sebuah kota kerajaan, untuk berlindung dari kejaran komplotan yang menentang dirinya.

Lakhis terletak dekat perbatasan selatan Yehuda, dari sana orang mudah melarikan diri ke berbagai negeri lain yang mungkin aman.

Dibunuhlah dia di sana. Penduduk Lakhis mungkin tidak membantu sang raja untuk mempertahankan dirinya.

21. Segenap bangsa Yehuda mengambil Azarya. Lihat ayat 13, 19; bandingkan II Tawarikh 26:1, 2.

Kesamaan kedua nas ini di Raja-raja dan Tawarikh, jika dibandingkan dengan 15:1-7 menunjukkan, bahwa Uzia lebih mementingkan perebutan wilayah daripada membersihkan bukit-bukit pengorbanan di Yehuda (bdg. II Taw. 26:11 dst.).

Azarya artinya pertolongannya adalah Yehova. Nama lainnya, Uzia, artinya "kekuatanku adalah Yehova."

22. Elat. Peristiwa ini penting; lihat 15:1-7.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel