2 Raja-raja 13:14-21: Kejadian Menjelang Kematian Elisa dan Keajaiban dalam Kuburnya

Ketika orang Israel ditindas oleh raja Aram, dan Yoahas, raja Israel memohon belas kasihan TUHAN, maka TUHAN mendengarnya. Setelah Yoahas, raja Israel meninggal dan digantikan oleh anaknya yang bernama Yoas, maka melalui nabi Elisa yang sedang sakit, TUHAN menjanjikan kemenangan terhadap Aram.

Klik:

Perikop ini juga mengisahkan kematian nabi Elisa dan keajaiban dengan tulangnya. Hendaknya kita jangan berpikir mistik tentang tulang ini, tetapi harus berpikir, bahwa itu merupakan mujizat yang Tuhan berikan kepada orang Israel.

2 Raja-raja 13:14-21


2Ki 13:14 Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!"

2Ki 13:15 Berkatalah Elisa kepadanya: "Ambillah busur dan anak-anak panah!" Lalu diambillah busur dan anak-anak panah.

2Ki 13:16 Berkatalah ia kepada raja Israel: "Tariklah busurmu!" Lalu ia menarik busurnya, tetapi Elisa menaruh tangannya di atas tangan raja,

2Ki 13:17 serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap."

2Ki 13:18 Sesudah itu berkatalah ia: "Ambillah anak-anak panah itu!" Lalu diambilnya. Setelah diambilnya, berkatalah Elisa kepada raja Israel: "Pukulkanlah itu ke tanah!" Lalu dipukulkannya tiga kali, kemudian ia berhenti.

2Ki 13:19 Tetapi gusarlah abdi Allah itu kepadanya serta berkata: "Seharusnya engkau memukul lima atau enam kali! Dengan berbuat demikian engkau akan memukul Aram sampai habis lenyap. Tetapi sekarang, hanya tiga kali saja engkau akan memukul Aram."

2Ki 13:20 Sesudah itu matilah Elisa, lalu ia dikuburkan. Adapun gerombolan Moab sering memasuki negeri itu pada pergantian tahun.

2Ki 13:21 Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.


Tafsiran Wycliffe


14. Ketika Elisa menderita sakit. Kejadian ini dikisahkan sini dan dilanjutkan di ayat 22-25 sebab diperlukan garis besar menurut topik.

Kisah ini terjadi paling sedikit empat puluh lima tahun sesudah Yehu naik takhta (bdg. 10:36; 13:1).

Penyakit yang diderita Elisa cukup parah sehingga membuat Yoas, raja Israel mengunjunginya (13:14-19 terjadi pada masa 13:10-13).

Kereta Israel. Yoas bermaksud mengatakan: "Jika engkau pergi, dari mana akan datang hikmat dan kelepasan?"

15. Ambillah busur dan anak-anak panah. Sarana untuk mencapai kemenangan dan cara untuk meyakinkan Yoas.

17. Engkau akan mengalahkan merupakan sebuah janji kelepasan khusus dari Tuhan sebagai penggenapan janji yang diutarakan di ayat 4.

18. Ambillah anak-anak panah itu. Bandingkan anak kalimat terakhir dari ayat 17 dan 19.

Yoas kurang iman dan semangat yang menyala untuk bertahan mengandalkan Tuhan di dalam memusnahkan Aram. Kepadanya dikatakan (ay. 18) untuk pukulkanlah itu ke tanah. Maksudnya, buatlah lawan-lawanmu mencium debu.

19. Lima atau enam kali. Hingga mereka itu takluk.

20. Sesudah itu matilah Elisa. Kata-kata ini merupakan peralihan ke peristiwa berikutnya.

21. Hiduplah ia kembali dan bangun berdiri. Orang yang mati itu dibangkitkan sebab Tuhan mengadakan sebuah mukjizat sebagai penegasan atas janji kelepasan-Nya kepada Yoas.

Israel di Bawah Pemerintahan Yoahas dan Yoas (13:1-25).

Bagian ini menunjukkan bagaimana secara tersembunyi dosa masuk dan bercokol lalu menyebar sekalipun ada berbagai usaha untuk memusnahkannya.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel