2 Raja-raja 13:10-13: Yoas, Raja Israel

Mudah untuk belajar hal yang jelek menggantikan yang baik, namun sulit untuk meninggalkan yang jelek dan kembali kepada yang baik. Demikianlah bangsa Israel tetap dengan penyembahan yang diperkenalkan oleh raja Yerobeam bin Nebat, yaitu menyembah anak lembu.

Klik:

2 Raja-raja 13:10-13


2Ki 13:10 Dalam tahun ketiga puluh tujuh zaman Yoas, raja Yehuda, Yoas anak Yoahas, menjadi raja atas Israel di Samaria. Ia memerintah enam belas tahun lamanya.

2Ki 13:11 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuruh Yerobeam bin Nebat dilakukan orang Israel, tetapi terus hidup dalam dosa itu.

2Ki 13:12 Selebihnya dari riwayat Yoas dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bagaimana ia berperang melawan Amazia, raja Yehuda, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Ki 13:13 Setelah Yoas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, maka duduklah Yerobeam di atas takhta ayahnya. Dan Yoas dikuburkan di Samaria di samping raja Israel.


Tafsiran Wycliffe


11. Ia melakukan apa yang jahat. Sekalipun Baalisme sudah dimusnahkan, Israel tidak sungguh-sungguh kembali kepada Tuhan pada masa pemerintahan Yoas ini sebab patung anak lembu di Betel dan di Dan masih tetap disembah.

"Dosa-dosa Yerobeam" sekarang mendarah daging di dalam hati bangsa itu.

Israel di Bawah Pemerintahan Yoahas dan Yoas (13:1-25).

Bagian ini menunjukkan bagaimana secara tersembunyi dosa masuk dan bercokol lalu menyebar sekalipun ada berbagai usaha untuk memusnahkannya.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel