2 Raja-raja 11:21-12:21: Yoas, Raja Yehuda

Selama ada orang baik di belakangnya, maka anak kecil berusia di bawah 10 tahun juga bisa menjadi raja yang baik, namun setelah dewasa dan tidak ada orang baik yang mengawasinya, maka pengaruh jahatlah yang menjadi penggoda. Itulah Yoas yang menjadi raja Yehuda saat berusia tujuh tahun.

Klik:

Lebih baik dipimpin oleh Yoas kecil yang didampingi penasihat yang baik, daripada dipimpin oleh Yoas dewasa yang penasihatnya jahat, namun yang lebih baik lagi adalah Yoas yang mengerti kebenaran, yang berkeyakinan kuat, dan yang mengenal Tuhannya.

2 Raja-raja 11:21-12:21


2Ki 11:21 Yoas berumur tujuh tahun pada waktu ia menjadi raja.

2Ki 12:1 Dalam tahun ketujuh zaman Yehu, Yoas menjadi raja dan empat puluh tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Zibya, dari Bersyeba.

2Ki 12:2 Yoas melakukan apa yang benar di mata TUHAN seumur hidupnya, selama imam Yoyada mengajar dia.

2Ki 12:3 Namun demikian, bukit-bukit pengorbanan tidaklah dijauhkan. Bangsa itu masih mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit itu.

2Ki 12:4 Berkatalah Yoas kepada para imam: "Segala uang yang dibawa ke dalam rumah TUHAN sebagai persembahan kudus, yakni uang masuk untuk pencatatan jiwa, uang tebusan jiwa menurut penilaian yang berlaku untuk seseorang, dan segala uang yang dibawa ke dalam rumah TUHAN karena dorongan hati seseorang,

2Ki 12:5 baiklah para imam sendiri menerimanya, masing-masing dari kenalannya, dan memakainya untuk memperbaiki yang rusak pada rumah itu, di mana saja terdapat kerusakan."

2Ki 12:6 Tetapi dalam tahun kedua puluh tiga zaman raja Yoas para imam belum juga memperbaiki kerusakan rumah itu.

2Ki 12:7 Sebab itu raja Yoas memanggil imam Yoyada, dan imam-imam lain serta berkata kepada mereka: "Mengapa kamu tidak perbaiki kerusakan rumah itu? Maka sekarang, tidak boleh lagi kamu menerima uang dari kenalan-kenalanmu, tetapi serahkanlah itu untuk memperbaiki kerusakan rumah itu."

2Ki 12:8 Lalu setujulah para imam itu untuk tidak menerima uang dari rakyat, tetapi merekapun tidak usah lagi memperbaiki kerusakan rumah itu.

2Ki 12:9 Kemudian imam Yoyada mengambil sebuah peti, membuat lobang pada tutupnya dan menaruhnya di samping mezbah, di sebelah kanan apabila orang masuk ke rumah TUHAN. Para imam penjaga pintu menaruh ke dalamnya segala uang yang dibawa orang ke dalam rumah TUHAN.

2Ki 12:10 Dan apabila dilihat mereka bahwa sudah banyak uang dalam peti itu, maka datanglah panitera raja beserta imam besar, lalu membungkus dan menghitung uang yang terdapat dalam rumah TUHAN itu.

2Ki 12:11 Mereka menyerahkan jumlah uang yang ditentukan ke tangan para pekerja yang diangkat mengawasi rumah TUHAN, dan mereka ini membayarkannya kepada tukang-tukang kayu, kepada tukang-tukang bangunan yang mengerjakan rumah TUHAN itu,

2Ki 12:12 kepada tukang-tukang tembok dan kepada tukang-tukang pemahat batu; mereka memakainya juga bagi pembelian kayu dan batu pahat untuk memperbaiki rumah TUHAN dan bagi segala pengeluaran untuk memperbaiki rumah itu.

2Ki 12:13 Tetapi untuk rumah TUHAN tidaklah dibuat pasu perak, pisau, bokor penyiraman, nafiri, atau sesuatu perkakas emas dan perak dari uang yang telah dibawa ke dalam rumah TUHAN itu.

2Ki 12:14 Melainkan mereka menyerahkannya kepada para pekerja, supaya dipakai memperbaiki rumah TUHAN.

2Ki 12:15 Mereka kemudian tidak mengadakan perhitungan dengan orang-orang yang diserahi uang itu untuk memberikannya kepada tukang-tukang, sebab mereka bekerja dengan jujur.

2Ki 12:16 Tetapi uang korban penebus salah dan uang korban penghapus dosa tidaklah dibawa ke dalam rumah TUHAN; semuanya itu adalah bagian para imam.

2Ki 12:17 Pada waktu itu majulah Hazael, raja Aram, diperanginyalah Gat dan direbutnya. Kemudian Hazael berniat menyerang Yerusalem,

2Ki 12:18 tetapi Yoas, raja Yehuda, mengambil segala persembahan kudus yang telah dikuduskan oleh para leluhurnya yakni Yosafat, Yoram dan Ahazia, raja-raja Yehuda, dan persembahan-persembahan kudusnya sendiri, juga segala emas yang terdapat dalam perbendaharaan rumah TUHAN dan istana raja. Dikirimkannyalah semuanya itu kepada Hazael, raja Aram, maka tidak jadi lagi Hazael menyerang Yerusalem.

2Ki 12:19 Selebihnya dari riwayat Yoas dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Ki 12:20 Pegawai-pegawainya bangkit mengadakan persepakatan, lalu membunuh Yoas di rumah Milo yang letaknya di penurunan ke Sila.

2Ki 12:21 Yozakar, anak Simeat, dan Yozabad, anak Somer, ialah pegawai-pegawainya yang membunuh dia. Lalu ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud, maka Amazia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.


Tafsiran Wycliffe


Yehuda di Bawah Pemerintahan Yoas (11:21-12:21).

Yang ditekankan di sini adalah pembaharuan perjanjian dengan Allah di bawah pemerintahan Yoas yang berarti Bait Allah harus dibersihkan dan penyembahan Yehova harus dipulihkan. Rangkaian malapetaka yang menimpa kepadanya mencerminkan prinsip Galatia 5:17.

12:1. Bagian ini seharusnya berawal di 11:21 sesuai dengan rumusan normal yang dipakai untuk mengacu kepada masa hidup dan pemerintahan seorang raja.

Yoas menjadi raja. Mengenai saat terjadinya peristiwa ini lihat Thiele, Mysterious Number, halaman 66.

2. Yoas melakukan apa yang benar ... selama imam Yoyada mengajar dia. Yoas melakukan apa yang benar di mata Tuhan hanya selama Yoyada masih hidup (II Taw. 24:17-25).

Yoas tidak memiliki keyakinan pribadi tentang kebenaran.

3. Bukit-bukit pengorbanan. Lihat I Raja-Raja 22:43; II Raja-Raja 12:3; 14:4; 15:4; II Tawarikh 15:17; 20:33.

Bukan bukit yang dipakai untuk penyembahan berhala, melainkan pusat-pusat penyembahan Yehova yang tidak sah.

Perhatikan I Raja-Raja 3:2. Hanya dua raja Yehuda, yaitu Hizkia (18:4) dan Yosia (23:8) yang menyingkirkan bukit-bukit pengorbanan itu.

Salah satu akibat buruk dari penyembahan di bukit pengorbanan ini adalah karena hal itu memecah belah pemahaman rohani bangsa itu tentang Allah; dan dengan demikian bukit-bukit pengorbanan ini ikut meruntuhkan bangsa itu.

4. Berkatalah Yoas kepada para imam. Sebagai tahap terakhir dari pembaharuan perjanjian dengan Yehova, bagian-bagian tertentu dari Bait Allah yang sudah bobrok pada masa pemerintahan Atalya harus diperbaiki (bdg. II Taw. 24:6, 7).

Terdapat dua golongan persembahan yang disebutkan:
(1) pembayaran sebagai pelunasan hutang sebuah nazar (Im. 27:2) yang jumlahnya ditentukan oleh imam menurut harga setiap orang untuk mendukung Bait Allah, dan
(2) segala uang yang dibawa ke dalam rumah Tuhan karena dorongan hati seseorang (ay. 4b) - sebuah persembahan sukarela.

Terjemahkan: Semua uang berkenaan dengan persembahan yang diserahkan ... lempengan-lempengan perak yang dipakai dalam perdagangan sejumlah nilai seseorang ... . Yoas hanya memerintahkan agar dana di Bait Allah dipakai untuk keperluan Bait Allah saja.

Segala uang. Lempengan perak dengan berat tertentu yang dipakai dalam perdagangan.

Uang berbentuk koin, baru dipergunakan pada masa Pembuangan.

6. Dalam tahun kedua puluh tiga ... belum juga memperbaiki. Perintah-perintah tidak dilaksanakan, mungkin karena penghasilan Bait Allah tidak cukup untuk menopang hidup orang-orang Lewi.

Masa penyembahan berhala pada zaman Atalya telah membuat orang tidak berani memberikan persembahan kepada orang Lewi.

7. Tidak boleh lagi kamu menerima uang. Yoas memerintahkan agar mereka tidak lagi menerima uang dari para penyembah.

8. Setujulah para imam itu. Karena alasan-alasan praktis, dibuat peraturan-peraturan baru untuk mengumpulkan uang bagi pembetulan Bait Allah yang tidak melibatkan para imam.

9. Yoyada mengambil sebuah peti. Di II Tawarikh 24:8 dikatakan, bahwa peti ini letaknya "di depan pintu gerbang" sedangkan di sini dikatakan bahwa peti itu diletakkan di samping mezbah.

Peti itu mungkin pada mulanya diletakkan di samping mezbah, kemudian dipindahkan ke depan pintu gerbang agar lebih mudah dijangkau.

10. Panitera raja beserta imam besar. Pekerjaan mengumpulkan uang itu ada di bawah pengawasan raja dan imam besar (bdg. ay. 8).

13. Tidaklah dibuat pasu perak. II Tawarikh 24:14 mengatakan, bahwa pasu-pasu perak ini dibuat dari sisa perak yang dipakai untuk pembetulan.

Tidak ada hal yang bertentangan di sini.

16. Uang korban penebus salah (bdg. Bil. 5:8, 9; Im. 5:16). Karena merupakan "harga untuk menebus dosa", maka uang ini tidak dapat dibawa ke dalam Bait Allah.

17. Majulah Hazael, raja Aram. Tentang dosa Yoas sebagai penyebab terjadinya serangan itu lihat II Tawarikh 24:15-22.

Penarikan upeti harus dilihat sebagai hukuman bagi Yoas dan Yehuda atas dosa-dosa mereka (lih. II Taw. 24:18b).

20. Pegawai-pegawainya bangkit mengadakan persepakatan. Yoas mati karena dia memerintahkan agar Zakharia, cucu Yoyada, dibunuh (II Taw. 24:25).

21. Yozabad. "Zabad" dalam II Tawarikh 24:26 ditulis keliru dan seharusnya Zakar yang berasal dari Yozakar.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel