2 Raja-raja 24:8-17: Yoyakhin, Raja Yehuda

Kehancuran kerajaan Yehuda semakin dekat. Yoyakhin, anaknya Yoyakim, yang adalah cucu Yosia raja Yehuda, menjadi orang kedua terakhir yang memerintah Yehuda dan Yerusalem.

Klik:

2 Raja-raja 24:8-17


2Ki 24:8 Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga bulan lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Nehusta binti Elnatan, dari Yerusalem.

2Ki 24:9 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN tepat seperti yang dilakukan ayahnya.

2Ki 24:10 Pada waktu itu majulah orang-orang Nebukadnezar, raja Babel, menyerang Yerusalem dan kota itu dikepung.

2Ki 24:11 Juga Nebukadnezar, raja Babel, datang menyerang kota itu, sedang orang-orangnya mengepungnya.

2Ki 24:12 Lalu keluarlah Yoyakhin, raja Yehuda, mendapatkan raja Babel, ia sendiri, ibunya, pegawai-pegawainya, para pembesarnya dan pegawai-pegawai istananya. Raja Babel menangkap dia pada tahun yang kedelapan dari pemerintahannya.

2Ki 24:13 Ia mengeluarkan dari sana segala barang perbendaharaan rumah TUHAN dan barang-barang perbendaharaan istana raja; juga dikeratnya emas dari segala perkakas emas yang dibuat oleh Salomo, raja Israel, di bait TUHAN seperti yang telah difirmankan TUHAN.

2Ki 24:14 Ia mengangkut seluruh penduduk Yerusalem ke dalam pembuangan, semua panglima dan semua pahlawan yang gagah perkasa, sepuluh ribu orang tawanan, juga semua tukang dan pandai besi; tidak ada yang ditinggalkan kecuali orang-orang lemah dari rakyat negeri.

2Ki 24:15 Ia mengangkut Yoyakhin ke dalam pembuangan ke Babel, juga ibunda raja, isteri-isteri raja, pegawai-pegawai istananya dan orang-orang berkuasa di negeri itu dibawanya sebagai orang buangan dari Yerusalem ke Babel.

2Ki 24:16 Semua orang yang gagah perkasa, tujuh ribu orang banyaknya, para tukang dan para pandai besi, seribu orang banyaknya, sekalian pahlawan yang sanggup berperang, dibawa oleh raja Babel sebagai orang buangan ke Babel.

2Ki 24:17 Kemudian raja Babel mengangkat Matanya, paman Yoyakhin, menjadi raja menggantikan dia dan menukar namanya menjadi Zedekia.


Tafsiran Wycliffe


8. Yoyakhin berumur delapan belas tahun pada waktu ia menjadi raja ... tiga bulan (dan sepuluh hari; bdg. II Taw. 36:9a). Lihat 18:1-3. Dia tidak pernah melakukan pemerintahan bersama (lih. Thiele, op. cit., hlm. 154).

10. Pada waktu itu. Bandingkan II Tawarikh 36:10. "Pada pergantian tahun," maksudnya bulan Tisri (September-Oktober. Lih. BASOR 143, hlm. 24, 25).

Majulah orang-orang Nebukadnezar. Nebukadnezar memanggil pasukannya pada bulan Kislev (Desember 598 sM), sesudah Yoyakim meninggal.

Dia kemudian berhasil menduduki Yerusalem pada tanggal 15/16 Maret tahun 597 sM (Wiseman, op. cit., hlm. 33) pada saat Yoyakhin menjadi raja.

12. Keluarlah Yoyakhin. Dia berharap bisa tetap menjadi raja dengan cara menyerah.

Raja Babel menangkap dia untuk membuangnya sebab Yoyakhin dinilainya terlalu mendukung Mesir sehingga tidak mungkin menjadi raja di bawahnya.

Pada tahun yang kedelapan dari pemerintahannya. Tanggal 10 bulan Nisan (22 April) 597 sM (Thiele, op. cit., hlm. 163).

15. Ia mengangkut Yoyakhin ke dalam pembuangan ke Babel. Prasasti-prasasti dari Babel yang menyebutkan mengenai Yoyakhin dan lima orang putranya telah ditemukan (lih. BA, Desember 1942, hlm. 49-55).

16. Semua orang yang gagah perkasa ... yang sanggup berperang. Penggolongan khusus dari orang-orang yang disebutkan di ayat 14.

17. Mengangkat Matanya ... menjadi raja. Seorang paman Yoyakhin (bdg. Yer. 22:30).

Matius menelusuri nenek moyang Kristus melalui Yoyakhin; Lukas menelusurinya melalui Natan dan Maria.

Nubuat Yeremia digenapi. Sekalipun demikian, Yoyakhin masih dianggap sebagai raja Yehuda (25:27).

Zedekia. Putra Yosia yang ketiga, paman Yoyakhin, saudara laki-laki Yoahas (23:31).

Perhatikan, bahwa Yeremia 23:1-34 (tanpa II Raj. 25:22-26) dan II Raja-Raja 24:18-25:30 (tanpa Yer. 52:28-30) menunjukkan sebuah sumber bersama.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel