Kejadian 19:30-38: Lot dan Kedua Anaknya Perempuan

Lot dan Kedua Anaknya Perempuan.

Bagaimana nasib Lot dan dua anak perempuannya yang berhasil selamat dari penghancuran kota Sodom?

Setelah belajar perikop Sodom dan Gomora dimusnahkan - Lot diselamatkan, sekarang kita belajar perikop Lot dan Kedua Anaknya Perempuan.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 19:30 - 38 dengan judul perikop Lot dan Kedua Anaknya Perempuan).

Kita belajar perikop Lot dan Kedua Anaknya Perempuan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Lot dan Kedua Anaknya Perempuan (Kitab Kejadian 19:30-38)


Gen 19:30 Pergilah Lot dari Zoar dan ia menetap bersama-sama dengan kedua anaknya perempuan di pegunungan, sebab ia tidak berani tinggal di Zoar, maka diamlah ia dalam suatu gua beserta kedua anaknya.

Gen 19:31 Kata kakaknya kepada adiknya: "Ayah kita telah tua, dan tidak ada laki-laki di negeri ini yang dapat menghampiri kita, seperti kebiasaan seluruh bumi.

Gen 19:32 Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita."

Gen 19:33 Pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu masuklah yang lebih tua untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.

Gen 19:34 Keesokan harinya berkatalah kakaknya kepada adiknya: "Tadi malam aku telah tidur dengan ayah; baiklah malam ini juga kita beri dia minum anggur; masuklah engkau untuk tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita."

Gen 19:35 Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.

Gen 19:36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka.

Gen 19:37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang sekarang.

Gen 19:38 Yang lebih mudapun melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ben-Ami; dialah bapa bani Amon yang sekarang.


Kedua anaknya perempuan.

Babak terakhir dari karier Lot merupakan babak yang menyedihkan. Di dalamnya dikisahkan hubungan inses yang kita akan lebih suka untuk lupakan saja.

Kedua anak perempuan yang dibesarkan di Sodom, telah merosot demikian rendah, sehingga melakukan perbuatan yang sangat memuakan.

Hasil dari perbuatan tersebut ialah lahirnya dua anak laki-laki yang kemudian menjadi nenek moyang dari bangsa Moab dan bangsa Amon.

Lot dan keluarganya gagal dengan sangat menyedihkan. Malapetaka, aib, keputusasaan dan maut tertulis pada batu nisan mereka.

"Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya" (Gal. 6:7).

Perikop Selanjutnya: Abraham dan Abimelekh.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel