Kejadian 35:22-29: Anak-anak Yakub -- Ishak Mati

Anak-anak Yakub -- Ishak Mati​.

Setelah belajar perikop Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati, sekarang kita belajar perikop Anak-anak Yakub -- Ishak Mati.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 35:22-29 dengan judul perikop Anak-anak Yakub -- Ishak Mati).

Kita belajar perikop Anak-anak Yakub -- Ishak Mati ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Anak-anak Yakub -- Ishak Mati (Kitab Kejadian 35:22-29)


Gen 35:22 Ketika Israel diam di negeri ini, terjadilah bahwa Ruben sampai tidur dengan Bilha, gundik ayahnya, dan kedengaranlah hal itu kepada Israel. (35-22b) Adapun anak-anak lelaki Yakub dua belas orang jumlahnya.

Gen 35:23 Anak-anak Lea ialah Ruben, anak sulung Yakub, kemudian Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar dan Zebulon.

Gen 35:24 Anak-anak Rahel ialah Yusuf dan Benyamin.

Gen 35:25 Dan anak-anak Bilha, budak perempuan Rahel ialah Dan serta Naftali.

Gen 35:26 Dan anak-anak Zilpa, budak perempuan Lea ialah Gad dan Asyer. Itulah anak-anak lelaki Yakub, yang dilahirkan baginya di Padan-Aram.

Gen 35:27 Lalu sampailah Yakub kepada Ishak, ayahnya, di Mamre dekat Kiryat-Arba--itulah Hebron--tempat Abraham dan Ishak tinggal sebagai orang asing.

Gen 35:28 Adapun umur Ishak seratus delapan puluh tahun.

Gen 35:29 Lalu meninggallah Ishak, ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya; ia tua dan suntuk umur, maka Esau dan Yakub, anak-anaknya itu, menguburkan dia.


Ishak tetap hidup sampai Yakub kembali dari Haran. Dia telah pindah dari Bersyeba ke Mamre, yang sangat dekat dengan kota Hebron yang lama.

Di sana, Abraham telah membeli goa Makhpela untuk tempat penguburan Sara. Ketika berumur 180 tahun, meninggallah Ishak. Kata tunggal Ibrani gãwã berarti gagal, atau tenggelam.

Di saat penguburan, Esau dan Yakub berdiri berdampingan memberikan penghormatan terakhir kepada ayah mereka. Kedua saudara itu menyatu dalam kesedihan bersama, karena Ismael dan Ishak sudah berada dalam kuburan Abraham.

Perikop Selanjutnya: Keturunan Esau.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel