Kejadian 35:16-21: Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati

Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati​.

Setelah belajar perikop Yakub di Betel Untuk Kedua Kalinya, sekarang kita belajar perikop Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 35:16-21 dengan judul perikop Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati).

Kita belajar perikop Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Kelahiran Benyamin -- Rahel Mati (Kitab Kejadian 35:16-21)


Gen 35:16 Sesudah itu berangkatlah mereka dari Betel. Ketika mereka tidak berapa jauh lagi dari Efrata, bersalinlah Rahel, dan bersalinnya itu sangat sukar.

Gen 35:17 Sedang ia sangat sukar bersalin, berkatalah bidan kepadanya: "Janganlah takut, sekali inipun anak laki-laki yang kaudapat."

Gen 35:18 Dan ketika ia hendak menghembuskan nafas--sebab ia mati kemudian--diberikannyalah nama Ben-oni kepada anak itu, tetapi ayahnya menamainya Benyamin.

Gen 35:19 Demikianlah Rahel mati, lalu ia dikuburkan di sisi jalan ke Efrata, yaitu Betlehem.

Gen 35:20 Yakub mendirikan tugu di atas kuburnya; itulah tugu kubur Rahel sampai sekarang.

Gen 35:21 Sesudah itu berangkatlah Israel, lalu ia memasang kemahnya di seberang Migdal-Eder.


Kini Rahel, yang telah memberikan semangat dan cinta yang diperlukan Yakub, telah sampai pada akhir perjalanan hidupnya.

Dia meninggal dunia ketika melahirkan putranya yang kedua yang dinamakan olehnya Ben-oni, putra dari kesedihanku. Tetapi, Yakub memberikan nama Benyamin, putra dari tangan kananku.

Rahel pasti dikuburkan di suatu tempat di sebelah selatan Betel, di tepi jalan raya menuju Hebron (bdg. 35:16, 19). Betel terletak 10 mil di utara Yerusalem, dan Betlehem terletak sekitar 6 mil di sebelah selatan Yerusalem.

Biasanya disimpulkan bahwa Rahel dikuburkan di dekat Betlehem. Tempat yang diduga secara tradisional merupakan kuburan Rahel masih dikunjungi orang.

Perikop Selanjutnya: Anak-anak Yakub -- Ishak Mati.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel