Kejadian 30:25-43: Yakub Memperoleh Ternak

Yakub Memperoleh Ternak​.

Setelah belajar perikop Anak-anak Yakub, sekarang kita belajar perikop Yakub Memperoleh Ternak.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 30:25-43 dengan judul perikop Yakub Memperoleh Ternak).

Kita belajar perikop Yakub Memperoleh Ternak ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Yakub Memperoleh Ternak (Kitab Kejadian 30:25-43)


Gen 30:25 Setelah Rahel melahirkan Yusuf, berkatalah Yakub kepada Laban: "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ke tempat kelahiranku dan ke negeriku.

Gen 30:26 Berikanlah isteri-isteriku dan anak-anakku, yang menjadi upahku selama aku bekerja padamu, supaya aku pulang, sebab engkau tahu, betapa keras aku bekerja padamu."

Gen 30:27 Tetapi Laban berkata kepadanya: "Sekiranya aku mendapat kasihmu! Telah nyata kepadaku, bahwa TUHAN memberkati aku karena engkau."

Gen 30:28 Lagi katanya: "Tentukanlah upahmu yang harus kubayar, maka aku akan memberikannya."

Gen 30:29 Sahut Yakub kepadanya: "Engkau sendiri tahu, bagaimana aku bekerja padamu, dan bagaimana keadaan ternakmu dalam penjagaanku,

Gen 30:30 sebab harta milikmu tidak begitu banyak sebelum aku datang, tetapi sekarang telah berkembang dengan sangat, dan TUHAN telah memberkati engkau sejak aku berada di sini; jadi, bilakah dapat aku bekerja untuk rumah tanggaku sendiri?"


Berkatalah Yakub kepada Laban, "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ... ke negeriku. Ketika Yusuf lahir, Yakub telah melunasi seluruh hutangnya kepada Laban, sehingga dia siap untuk pulang ke Kanaan.

Seandainya dia pulang ketika itu, dia pasti hanya bisa membawa keluarganya saja sebab dia tidak memiliki apa-apa. Dia meminta kepada pamannya untuk mengizinkannya pulang.

Laban mengatakan, bahwa dia telah menerima suatu petunjuk (telah nyata kepadaku), melalui wangsit dari dewa-dewa keluarganya, bahwa dia harus tetap mempertahankan Yakub untuk menjamin keberhasilan dan kekayaan.

Gen 30:31 Kata Laban: "Apakah yang harus kuberikan kepadamu?" Jawab Yakub: "Tidak usah kauberikan apa-apa kepadaku; aku mau lagi menggembalakan kambing dombamu dan menjaganya, asal engkau mengizinkan hal ini kepadaku:

Gen 30:32 Hari ini aku akan lewat dari tengah-tengah segala kambing dombamu dan akan mengasingkan dari situ setiap binatang yang berbintik-bintik dan berbelang-belang; segala domba yang hitam dan segala kambing yang berbelang-belang dan berbintik-bintik, itulah upahku.

Gen 30:33 Dan kejujuranku akan terbukti di kemudian hari, apabila engkau datang memeriksa upahku: Segala yang tidak berbintik-bintik atau berbelang-belang di antara kambing-kambing dan yang tidak hitam di antara domba-domba, anggaplah itu tercuri olehku."

Gen 30:34 Kemudian kata Laban: "Baik, jadilah seperti perkataanmu itu."

Gen 30:35 Lalu diasingkannyalah pada hari itu kambing-kambing jantan yang bercoreng-coreng dan berbelang-belang dan segala kambing yang berbintik-bintik dan berbelang-belang, segala yang ada warna putih pada badannya, serta segala yang hitam di antara domba-domba, dan diserahkannyalah semuanya itu kepada anak-anaknya untuk dijaga.

Gen 30:36 Kemudian Laban menentukan jarak tiga hari perjalanan jauhnya antara dia dan Yakub, maka tetaplah Yakub menggembalakan kambing domba yang tinggal itu.


Dia menawarkan kepada Yakub untuk menyebutkan upah yang diminta. Dapat dibayangkan bahwa Laban terkejut ketika keponakannya mengajukan sebuah tawaran yang tampaknya sangat menguntungkan Laban.

Di Siria, domba berwarna putih dan kambing berwarna hitam, dengan sedikit sekali perkecualian. Yakub meminta untuk segera mulai bekerja dengan menerima sebagai miliknya domba-domba yang tidak putih dan kambing-kambing yang tidak hitam, dan menyerahkan sisanya kepada Laban.

Dengan demikian keduanya mempunyai harta masing-masing. Laban langsung menerima tawaran tersebut. Pada hari itu juga dia memindahkan ke tempat yang jauh semua domba dan kambing yang warnanya tidak biasa, supaya Yakub tidak punya apa-apa untuk memulai.

Hewan-hewan yang diamankan tersebut ditempatkan di bawah pengawasan putra-putranya. Tindakan itu merupakan suatu penipuan yang rendah. Laban yakin bahwa dengan demikian dia telah berhasil membuat Yakub tidak mungkin menang, karena semua modal Yakub sudah dibawa pergi sebelum lomba itu dimulai.

Gen 30:37 Lalu Yakub mengambil dahan hijau dari pohon hawar, pohon badam dan pohon berangan, dikupasnyalah dahan-dahan itu sehingga berbelang-belang, sampai yang putihnya kelihatan.

Gen 30:38 Ia meletakkan dahan-dahan yang dikupasnya itu dalam palungan, dalam tempat minum, ke mana kambing domba itu datang minum, sehingga tepat di depan kambing domba itu. Adapun kambing domba itu suka berkelamin pada waktu datang minum.

Gen 30:39 Jika kambing domba itu berkelamin dekat dahan-dahan itu, maka anaknya bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang.

Gen 30:40 Kemudian Yakub memisahkan domba-domba itu, dihadapkannya kepala-kepala kambing domba itu kepada yang bercoreng-coreng dan kepada segala yang hitam di antara kambing domba Laban. Demikianlah ia beroleh kumpulan-kumpulan hewan baginya sendiri, dan tidak ditempatkannya pada kambing domba Laban.

Gen 30:41 Dan setiap kali, apabila berkelamin kambing domba yang kuat, maka Yakub meletakkan dahan-dahan itu ke dalam palungan di depan mata kambing domba itu, supaya berkelamin dekat dahan-dahan itu.

Gen 30:42 Tetapi apabila datang kambing domba yang lemah, ia tidak meletakkan dahan-dahan itu ke dalamnya. Jadi hewan yang lemah untuk Laban dan yang kuat untuk Yakub.


Tetapi Yakub tidak bisa dikalahkan dengan semudah itu.

Dia membuat tiga buah alat untuk mengalahkan pamannya. Dia menaruh beberapa dahan pohon yang sudah dikupasnya menjadi belang-belang di dalam tempat minum, sehingga letaknya tepat di depan kambing domba itu, supaya warna anak hewan-hewan itu akan mengalami pengaruh sebelum lahir.

Yang dilakukan Yakub tersebut, menurut Delitzsch (New Commentary on Genesis, in. loco) merupakan kenyataan yang sudah terbukti.

Yakub juga memisahkan anak-anak domba yang bernoda dan bergaris dari kawanannya, lalu menaruh mereka dalam jarak yang dapat dilihat oleh yang betina, sehingga terpengaruh.

Cara yang ketiga ialah memanfaatkan pengaruh tersebut terhadap domba-domba betina yang kuat, sehingga yang nanti dilahirkan merupakan hewan-hewan kuat pula.

Yakub cukup cerdik untuk memanfaatkan cara mempengaruhi anak domba sebelum lahir, sehingga menguntungkan dirinya.

Gen 30:43 Maka sangatlah bertambah-tambah harta Yakub, dan ia mempunyai banyak kambing domba, budak perempuan dan laki-laki, unta dan keledai.

Hasil dari pemakaian akal ini telah membuat Yakub sangat kaya dengan domba dan kambing dalam waktu hanya beberapa tahun.

Sekalipun dia memakai otaknya dalam melakukan semua itu, dia akan merupakan orang pertama yang akan menyatakan, bahwa Tuhanlah yang telah campur tangan memberikan kemenangan itu kepadanya.

Yehovah telah memungkinkan sang leluhur kembali ke negeri yang dijanjikan dengan kekayaan, dan menjadi seorang tokoh yang dipakai Allah karena melaksanakan kehendak-Nya.

Perikop selanjutnya: Yakub Lari Meninggalkan Laban.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel