Kejadian 46: Yakub Pindah ke Mesir

Yakub Pindah ke Mesir​.

Setelah belajar perikop Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya, sekarang kita belajar perikop Yakub Pindah ke Mesir.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 46 dengan judul perikop Yakub Pindah ke Mesir).

Kita belajar perikop Yakub Pindah ke Mesir ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Yakub Pindah ke Mesir (Kitab Kejadian 46)


Gen 46:1 Jadi berangkatlah Israel dengan segala miliknya dan ia tiba di Bersyeba, lalu dipersembahkannya korban sembelihan kepada Allah Ishak ayahnya.

Gen 46:2 Berfirmanlah Allah kepada Israel dalam penglihatan waktu malam: "Yakub, Yakub!" Sahutnya: "Ya, Tuhan."

Gen 46:3 Lalu firman-Nya: "Akulah Allah, Allah ayahmu, janganlah takut pergi ke Mesir, sebab Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar di sana.

Gen 46:4 Aku sendiri akan menyertai engkau pergi ke Mesir dan tentulah Aku juga akan membawa engkau kembali; dan tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu nanti."


Jadi berangkatlah Israel ... dan ia tiba di Bersyeba. Hampir dapat dipastikan, bahwa pada saat ini Yakub tinggal di Hebron. Perhentian pertama dalam perjalanan pentingnya menuju Mesir tersebut adalah Bersyeba.

Di sana, ia mempersembahkan kurban dan di sana pula, di dalam sebuah penglihatan malam, Allah berbicara kepadanya, memberinya semangat di dalam perjalanan, serta meyakinkan dia tentang berkat-berkat yang tidak terhitung.

Pertama, Allah membaharui janji, bahwa keturunan Yakub akan menjadi sebuah bangsa yang besar. Allah menjelaskan, bahwa di Mesirlah bangsa itu akan bertambah besar jumlahnya.

Kedua, Allah mengatakan, "Aku sendiri akan menyertai engkau," yaitu jaminan perlindungan dan keamanan.

Ketiga, Allah juga mengatakan, "Aku juga akan membawa engkau kembali." Nubuat ini ditentukan untuk digenapi sesudah kematian Yakub, yaitu dalam peristiwa Keluaran ketika mana tangan Allah yang kuat akan membebaskan umat pilihan-Nya dari cengkeraman kuasa Mesir dan membawa mereka kembali ke Kanaan.

Pernyataan bahwa Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu nanti, merupakan sebuah nubuat, bahwa putra kesayangan itulah yang akan melaksanakan upacara terakhir ketika ayahnya meninggal.

Gen 46:5 Lalu berangkatlah Yakub dari Bersyeba, dan anak-anak Israel membawa Yakub, ayah mereka, beserta anak dan isteri mereka, dan mereka menaiki kereta yang dikirim Firaun untuk menjemputnya.

Gen 46:6 Mereka membawa juga ternaknya dan harta bendanya, yang telah diperoleh mereka di tanah Kanaan, lalu tibalah mereka di Mesir, yakni Yakub dan seluruh keturunannya bersama-sama dengan dia.

Gen 46:7 Anak-anak dan cucu-cucunya laki-laki dan perempuan, seluruh keturunannya dibawanyalah ke Mesir.

Gen 46:8 Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben.

Gen 46:9 Anak-anak Ruben ialah Henokh, Palu, Hezron dan Karmi.

Gen 46:10 Anak-anak Simeon ialah Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin dan Zohar serta Saul, anak seorang perempuan Kanaan.

Gen 46:11 Anak-anak Lewi ialah Gerson, Kehat dan Merari.

Gen 46:12 Anak-anak Yehuda ialah Er, Onan, Syela, Peres dan Zerah; tetapi Er dan Onan mati di tanah Kanaan; dan anak-anak Peres ialah Hezron dan Hamul.

Gen 46:13 Anak-anak Isakhar ialah Tola, Pua, Ayub dan Simron.

Gen 46:14 Anak-anak Zebulon ialah Sered, Elon dan Yahleel.

Gen 46:15 Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa.

Gen 46:16 Anak-anak Gad ialah Zifyon, Hagi, Syuni, Ezbon, Eri, Arodi dan Areli.

Gen 46:17 Anak-anak Asyer ialah Yimna, Yiswa, Yiswi dan Beria; Serah ialah saudara perempuan mereka; dan anak-anak Beria ialah Heber dan Malkiel.

Gen 46:18 Itulah keturunan Zilpa, yakni hamba perempuan yang telah diberikan Laban kepada Lea, anaknya perempuan, dan yang melahirkan anak-anak bagi Yakub; seluruhnya enam belas jiwa.

Gen 46:19 Anak-anak Rahel, isteri Yakub, ialah Yusuf dan Benyamin.

Gen 46:20 Bagi Yusuf lahir Manasye dan Efraim di tanah Mesir, yang dilahirkan baginya oleh Asnat, anak perempuan Potifera, imam di On.

Gen 46:21 Anak-anak Benyamin ialah Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared.

Gen 46:22 Itulah keturunan Rahel, yang telah lahir bagi Yakub, seluruhnya berjumlah empat belas jiwa.

Gen 46:23 Anak Dan ialah Husim.

Gen 46:24 Anak-anak Naftali ialah Yahzeel, Guni, Yezer dan Syilem.

Gen 46:25 Itulah keturunan Bilha, yakni hamba perempuan yang diberikan Laban kepada Rahel, anaknya yang perempuan dan yang melahirkan anak-anak itu bagi Yakub--seluruhnya berjumlah tujuh jiwa.

Gen 46:26 Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa.

Gen 46:27 Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

Gen 46:28 Yakub menyuruh Yehuda berjalan lebih dahulu mendapatkan Yusuf, supaya Yusuf datang ke Gosyen menemui ayahnya. Sementara itu sampailah mereka ke tanah Gosyen.


Dengan semangat yang diperoleh dari pesan Tuhan, Yakub berangkat dengan keturunannya dari Bersyeba dan mengadakan perjalanan panjang menuju ke tanah Gosyen.

Dia memilih Yehuda untuk maju mendahului rombongan (Yakub menyuruh Yehuda berjalan lebih dulu ... mendapatkan Yusuf supaya ... datang ke Gosyen), untuk menjumpai Yusuf dan menyelesaikan urusan bagi masuknya mereka ke negeri tersebut.

Gen 46:29 Lalu Yusuf memasang keretanya dan pergi ke Gosyen, mendapatkan Israel, ayahnya. Ketika ia bertemu dengan dia, dipeluknyalah leher ayahnya dan lama menangis pada bahunya.

Gen 46:30 Berkatalah Israel kepada Yusuf: "Sekarang bolehlah aku mati, setelah aku melihat mukamu dan mengetahui bahwa engkau masih hidup."


Perjumpaan Yakub dengan Yusuf merupakan saat kegembiraan besar. Keduanya terlalu terharu, sehingga tidak sanggup mengatakan apa-apa. Mereka berpelukan lama (ay. 29).

Ketika orang tua itu sudah bisa berbicara, dia mengatakan, "Sekarang bolehlah aku mati setelah aku melihat mukamu dan mengetahui bahwa engkau masih hidup" (ay. 30). Dia mengalami puncak sukacita di dalam hidupnya.

Gen 46:31 Kemudian berkatalah Yusuf kepada saudara-saudaranya dan kepada keluarga ayahnya itu: "Aku mau menghadap Firaun dan memberitahukan kepadanya: Saudara-saudaraku dan keluarga ayahku, yang tinggal di tanah Kanaan, telah datang kepadaku;

Gen 46:32 orang-orang itu gembala kambing domba, sebab mereka itu pemelihara ternak, dan kambing dombanya, lembu sapinya dan segala miliknya telah dibawa mereka.

Gen 46:33 Apabila Firaun memanggil kamu dan bertanya: Apakah pekerjaanmu?

Gen 46:34 maka jawablah: Hamba-hambamu ini pemelihara ternak, sejak dari kecil sampai sekarang, baik kami maupun nenek moyang kami--dengan maksud supaya kamu boleh diam di tanah Gosyen." --Sebab segala gembala kambing domba adalah suatu kekejian bagi orang Mesir.


Sebelum Yusuf memperkenalkan keluarganya kepada Firaun dia memberikan beberapa petunjuk khusus tentang bagaimana mereka harus menjawab penguasa itu.

Bila ditanya tentang pekerjaan mereka, hendaknya mereka menjawab bahwa mereka adalah gembala ternak. Dengan demikian, Firaun kemungkinan akan menunjuk tanah Gosyen sebagai tempat tinggal mereka.

Gosyen akan merupakan tempat merumput yang sempurna bagi ternak. Mereka akan berada bersama, sehingga cukup terlindung dari pertempuran dengan bangsa lainnya.

Perikop Selanjutnya: Yakub dan Firaun.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel