Kejadian 45: Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya

Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya​.

Setelah belajar perikop Yehuda Membela Benyamin, sekarang kita belajar perikop Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Kejadian (Genesis 45 dengan judul perikop Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya).

Kita belajar perikop Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Yusuf Memperkenalkan Dirinya Kepada Saudara-saudaranya (Kitab Kejadian 45)


Gen 45:1 Ketika itu Yusuf tidak dapat menahan hatinya lagi di depan semua orang yang berdiri di dekatnya, lalu berserulah ia: "Suruhlah keluar semua orang dari sini." Maka tidak ada seorangpun yang tinggal di situ bersama-sama Yusuf, ketika ia memperkenalkan dirinya kepada saudara-saudaranya.

Gen 45:2 Setelah itu menangislah ia keras-keras, sehingga kedengaran kepada orang Mesir dan kepada seisi istana Firaun.

Gen 45:3 Dan Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya: "Akulah Yusuf! Masih hidupkah bapa?" Tetapi saudara-saudaranya tidak dapat menjawabnya, sebab mereka takut dan gemetar menghadapi dia.

Gen 45:4 Lalu kata Yusuf kepada saudara-saudaranya itu: "Marilah dekat-dekat." Maka mendekatlah mereka. Katanya lagi: "Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir.

Gen 45:5 Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu.

Gen 45:6 Karena telah dua tahun ada kelaparan dalam negeri ini dan selama lima tahun lagi orang tidak akan membajak atau menuai.

Gen 45:7 Maka Allah telah menyuruh aku mendahului kamu untuk menjamin kelanjutan keturunanmu di bumi ini dan untuk memelihara hidupmu, sehingga sebagian besar dari padamu tertolong.

Gen 45:8 Jadi bukanlah kamu yang menyuruh aku ke sini, tetapi Allah; Dialah yang telah menempatkan aku sebagai bapa bagi Firaun dan tuan atas seluruh istananya dan sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.


Yusuf tidak dapat menahan hatinya lagi ... menangislah ia keras-keras ... Dan Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya, "Akulah Yusuf." Ketika Yusuf tidak bisa lagi menahan hatinya, dia berseru nyaring sambil menangis (terjemahan harfiah).

Sesaat kemudian, dia memperkenalkan diri kepada saudara-saudaranya dan membuka hatinya yang baik untuk mereka.

Di dalam ketakutan dan kebingungan, mereka menjadi tidak bisa berbicara.

Tetapi, Yusuf menenangkan hati mereka.

Dia menyatakan: "Allah menyuruh aku mendahului kamu" (ay. 5).

Dengan cepat, dia mengangkat seluruh beban kesalahan mereka karena perbuatan buruk mereka dulu ketika ia berusaha menafsirkan kejadian tersebut menurut maksud dan rencana Allah.

Itulah caranya memusatkan perhatian mereka pada satu pertimbangan yang tertinggi itu.

Maksud yang ditetapkan Tuhan lebih penting daripada tindakan manusia yang fana.

Maksud ilahi tersebut mencakup pemeliharaan kaum sisa umat Allah agar tetap hidup dan dapat dipakai untuk melaksanakan kehendak Tuhan di bumi.

Gen 45:9 Segeralah kamu kembali kepada bapa dan katakanlah kepadanya: Beginilah kata Yusuf, anakmu: Allah telah menempatkan aku sebagai tuan atas seluruh Mesir; datanglah mendapatkan aku, janganlah tunggu-tunggu.

Gen 45:10 Engkau akan tinggal di tanah Gosyen dan akan dekat kepadaku, engkau serta anak dan cucumu, kambing domba dan lembu sapimu dan segala milikmu.

Gen 45:11 Di sanalah aku memelihara engkau--sebab kelaparan ini masih ada lima tahun lagi--supaya engkau jangan jatuh miskin bersama seisi rumahmu dan semua orang yang ikut serta dengan engkau.

Gen 45:12 Dan kamu telah melihat dengan mata sendiri, dan saudaraku Benyamin juga, bahwa mulutku sendiri mengatakannya kepadamu.

Gen 45:13 Sebab itu ceritakanlah kepada bapa segala kemuliaanku di negeri Mesir ini, dan segala yang telah kamu lihat, kemudian segeralah bawa bapa ke mari."

Gen 45:14 Lalu dipeluknyalah leher Benyamin, adiknya itu, dan menangislah ia, dan menangis pulalah Benyamin pada bahu Yusuf.

Gen 45:15 Yusuf mencium semua saudaranya itu dengan mesra dan ia menangis sambil memeluk mereka. Sesudah itu barulah saudara-saudaranya bercakap-cakap dengan dia.

Gen 45:16 Ketika dalam istana Firaun terdengar kabar, bahwa saudara-saudara Yusuf datang, hal itu diterima dengan baik oleh Firaun dan pegawai-pegawainya.

Gen 45:17 Lalu berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Katakanlah kepada saudara-saudaramu: Buatlah begini: muatilah binatang-binatangmu dan pergilah ke tanah Kanaan,

Gen 45:18 jemputlah ayahmu dan seisi rumahmu dan datanglah mendapatkan aku, maka aku akan memberikan kepadamu apa yang paling baik di tanah Mesir, sehingga kamu akan mengecap kesuburan tanah ini.

Gen 45:19 Selanjutnya engkau mendapat perintah mengatakan kepada mereka: Buatlah begini: bawalah kereta dari tanah Mesir untuk anak-anakmu dan isteri-isterimu, jemputlah ayahmu dari sana dan datanglah ke mari.

Gen 45:20 Janganlah kamu merasa sayang meninggalkan barang-barangmu, sebab apa yang paling baik di seluruh tanah Mesir ini adalah milikmu."

Gen 45:21 Demikianlah dilakukan oleh anak-anak Israel itu. Yusuf memberikan kereta kepada mereka menurut perintah Firaun; juga diberikan kepada mereka bekal di jalan.

Gen 45:22 Kepada mereka masing-masing diberikannya sepotong pesalin dan kepada Benyamin diberikannya tiga ratus uang perak dan lima potong pesalin.

Gen 45:23 Di samping itu kepada ayahnya dikirimkannya sepuluh ekor keledai jantan, dimuati dengan apa yang paling baik di Mesir, lagipula sepuluh ekor keledai betina, dimuati dengan gandum dan roti dan makanan untuk ayahnya dalam perjalanan.

Gen 45:24 Kemudian ia melepas saudara-saudaranya serta berkata kepada mereka: "Janganlah berbantah-bantah di jalan."


Yusuf mendesak saudara-saudaranya untuk membawa ayah mereka ke Mesir dan tinggal di sana.

Dia menjelaskan, bahwa kelaparan tersebut akan berlangsung lima tahun lagi, tetapi di Mesir dia dapat membantu Yakub dan keluarganya dengan menyediakan tempat tinggal dan kebutuhan mereka.

Mereka bisa tinggal di tanah Gosyen yang terletak sekitar empat puluh mil dari letak Kairo saat ini. Terletak di delta sungai Nil, wilayah ini merupakan tempat terbaik untuk beternak. Letaknya dekat On dan juga Memfis di mana Yusuf tinggal.

Ketika saudara-saudara Yusuf itu berangkat pulang, Yusuf mengirimkan beberapa kereta untuk mengangkut barang-barang mereka bila mereka kembali ke Mesir, dan dia memenuhi kereta-kereta tersebut dengan gandum, hadiah dan kebutuhan lainnya.

Gen 45:25 Demikianlah mereka pergi dari tanah Mesir dan sampai di tanah Kanaan, kepada Yakub, ayah mereka.

Gen 45:26 Mereka menceritakan kepadanya: "Yusuf masih hidup, bahkan dialah yang menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir." Tetapi hati Yakub tetap dingin, sebab ia tidak dapat mempercayai mereka.

Gen 45:27 Tetapi ketika mereka menyampaikan kepadanya segala perkataan yang diucapkan Yusuf, dan ketika dilihatnya kereta yang dikirim oleh Yusuf untuk menjemputnya, maka bangkitlah kembali semangat Yakub, ayah mereka itu.

Gen 45:28 Kata Yakub: "Cukuplah itu; anakku Yusuf masih hidup; aku mau pergi melihatnya, sebelum aku mati."


Ketika mendengarkan laporan dari anak-anaknya, hati Yakub tetap dingin (terjemahan lain yang tampaknya lebih cocok adalah hatinya menjadi lumpuh), sebab dia tidak bisa mempercayai berita baik mengenai anaknya yang hilang itu (ay. 26).

Tetapi, ketika menyaksikan kereta-kereta dengan isinya, serta mendengar pesan Yusuf untuknya, semangatnya bangkit kembali dan ia mulai mendambakan saat berkumpul kembali dengan anaknya itu di Mesir.

Hari itu merupakan hari penghiburan dan sukacita bagi orang yang telah mengalami demikian banyak kesedihan.

Perikop Selanjutnya: Yakub Pindah ke Mesir.

Lihat: Daftar Perikop Kitab Kejadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel